• Irvan Irawan Jie

Which Type Are You?


Dream

Tipe orang yang pasif dalam mencapai impiannya adalah tipe orang yang hanya menunggu saja. Mereka menunggu kesempatan datang dengan sendirinya tanpa ada usaha yang dikeluarkan sama sekali. Bahkan terkadang ketika ada kesempatan pun, tipe orang ini tidak bergerak sama sekali. Tipe orang ini adalah orang-orang yang ingin “disuapi” setiap saat. Mereka ingin disuapi kebahagiaan, uang, kesempatan, pengajaran atau bahkan jodoh.

Tipe orang reaktif adalah tipe orang yang naik kelas dari tipe pasif. Mereka adalah orang-orang yang bereaksi terhadap kesempatan yang datang. Kalau kesempatan itu tidak pernah datang menurut mereka, maka mereka akan tetap pasif. Orang-orang reaktif adalah mereka yang seperti kuda, baru bergerak ketika dipacu oleh pengendaranya.

Tipe orang aktif adalah tipe orang yang dengan penuh kesadaran mencari kesempatan. Mereka adalah orang-orang yang apabila tidak mempunyai kesempatan, maka mereka menciptakannya. Orang-orang aktif adalah orang yang terus menerus mencari cara untuk menggapai impiannya. Dan tentu yang terjadi kepada orang-orang ini pada suatu saat adalah keberhasilannya dalam mencapai impiannya.

Terkadang saya sendiri pun masih berada di dalam tipe orang-orang reaktif. Bagaimana dengan kamu?

Yang menyadarkan saya akan hal ini adalah arti impian-impian saya bagi diri saya sendiri. Dengan bertanya dan dengan jujur menjawab beberapa pertanyaan ini saya disadarkan: • Apakah impian saya? Apakah benar-benar impian ini yang saya inginkan? • Siapa saja yang akan diuntungkan oleh tercapainya impian saya? • Apa yang akan terjadi kepada orang-orang itu kalau impian saya tidak tercapai? • Apa pentingnya dan tujuannya impian saya itu? • Apa yang akan terjadi ketika impian-impian saya tidak tercapai? • Sumber daya internal dan external apakah yang bisa saya gunakan saat ini untuk mencapai impian saya? • Apakah impian saya ini memberdayakan saya sebagai manusia seutuhnya?

Mencari jawaban dalam diri sendiri terkadang lebih sulit daripada bertanya kepada orang lain. Tetapi, ketika saya menemukan jawabannya, jawaban itulah yang akan menjadi pembimbing dan pendorong saya. Oleh karena impian itu dengan sadar saya akan berpindah posisi dari tipe reaktif ke tipe aktif.

Semoga pertanyaan-pertanyaan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membaca tulisan ini dan semoga kita semua dapat mencapai impian hidup kita masing-masing. Amin.

Irvan Irawan Jie

The future belongs to those who believe the beauty of their dreams – Eleanor Roosevelt

#Future #Life #MetaCoach #NLP

0 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua