• Irvan Irawan Jie

Telling A Story


story

Kalau ada jawaban ya darimu untuk salah satu pertanyaan diatas, saya ingin bertanya kepadamu. Pertanyaan saya adalah: Cerita apa yang kau katakana kepada dirimu setiap hari? Setiap saat? Apakah cerita yang kamu ceritakan berguna bagi dirimu? Apakah cerita yang kamu ceritakan memberdayakanmu? Apakah cerita yang kamu ceritakan memberdayakan orang lain?

Mari kita cek ke dalam diri kita masing-masing. Tidak ada jawaban benar atau salah, yang ada hanyalah fakta. Cerita yang kamu ceritakan kepada dirimu sendiri adalah fakta yang terjadi kepada dirimu sendiri. Kalau cerita itu tidak berguna  dan tidak memberdayakan baik bagi dirimu atau diri orang lain, apakah kamu mau mengubahnya? Ataukah kamu mau tetap tinggal di dalamnya dan menerima nasibmu sendiri?

Bagi yang tidak ingin berubah, saya tidak bisa menawarkan apa-apa lagi bagimu. Lebih baik berhenti membaca tulisan ini dan tetaplah di dalam keadaanmu saat ini. Saya juga tidak akan memaksa untuk dirimu berubah, yang hanya bisa saya lakukan adalah mendoakanmu supaya segala sesuatu yang kamu pilih boleh menjadi yang terbaik bagi dirimu.

Tetapi apabila cerita yang kamu ceritakan kepada dirimu sendiri tidak berguna, tidak memberdayakan dan sudah kamu sadari, Good News! Cerita itu tidak selamanya akan kamu simpan. Sebagai seorang manusia yang sudah diberikan akal budi oleh yang Maha Kuasa, dirimu diberikan kemampuan untuk mengubah cerita yang ada di dalam kepalamu sendiri.

Tidak ada pil ajaib yang mampu membuat keadaanmu berubah. Diperlukan upaya dari dalam dirimu sendiri untuk mau berubah. Diharapkan dengan mengubah ceritamu menjadi lebih berguna dan memberdayakan, pikiran dan perasaanmu akan turut berubah menjadi lebih berguna dan memberdayakan. Ketika pikiran dan perasaanmu berubah maka tindakan dan ucapanmu pun akan ikut berubah menjadi berguna dan memberdayakan. Ketika tindakan dan ucapanmu berubah, maka pemikiran dan perasaan orang-orang di sekitarmu kepada dirimu pun akan berubah menjadi lebih berguna dan memberdayakan.

Cerita apa yang bisa kamu ceritakan kepada dirimu sendiri sehingga dirimu menjadi berguna dan memberdayakan dirimu dan orang-orang lain di sekitarmu? Dan apa yang membuatmu ingin menceritakan cerita itu kepada dirimu sendiri? Apa tujuan dari ceritamu itu bagi dirimu?

Cerita saya adalah: Ketika saya sudah belajar, saya akan membagikannya kepada orang lain supaya kita bisa belajar bersama. Saya tau saya tidak sempurna, tapi setidaknya cerita saya yang saya berikan kepada diri saya mampu membuat saya berguna dan memberdayakan.

Irvan Irawan Jie

0 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua