• Irvan Irawan Jie

Motivation


Aerospace_Propulsion_Turboprop_and_Turboshaft_Propulsion_694x306

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa tetap termotivasi? Tanya seorang teman. Setelah saya tanya kembali, ternyata dia juga tau jawabannya. Apakah kamu juga mengetahuinya? Bagaimana caranya agar motivasi di diri kita tidak hilang? Dari manakah motivasi bisa diambil untuk diri sendiri? Dari siapakah bisa kita dapatkan motivasi bagi diri kita sendiri? Saya yakin kamu juga mengetahui jawabannya. Ya, jawabannya adalah dari diri kita sendiri. Lalu apabila kita sudah tau jawabannya bahwa untuk memotivasi diri sendiri datangnya dari diri sendiri, siapakah yang paling sering menghalangi kita untuk bisa memotivasi diri kita sendiri? Ya, salah sendiri juga.

Ketika kita memulai sesuatu dengan motivasi yang ada, biasanya ada semacam self-talk di dalam diri kita sendiri yang meyakinkan badan fisik kita untuk melakukannya. Misalnya kalau saya lapar, biasanya yang ada di pikiran saya adalah “kayaknya kalau makan enak nih” atau “Laper banget ya, cari makanan ah.” Nah inilah motivasi saya untuk makan. Sama hal nya dengan melakukan yang lainnya, memulai sebuah usaha misalnya. Kalau saya pemikirannya adalah “Kalau gak usaha mau cari duit dari mana” atau “Ada resourcesnganggur, sayang aja kalau gak dipakai.” Inilah motivasi saya untuk memulai sebuah usaha.

Dalam Neuro-Semantics, dikatakan bahwa kita adalah seorang pembuat arti. Dan yang saya pelajari, katanya otak kita tidak bisa membedakan mana yang fantasi dan mana yang kenyataan. Jadi kalau kita mau termotivasi untuk melakukan sesuatu setiap saat, maka arti yang perlu kita berikan untuk melakukan sesuatu itu perlu lah menjadi sebuah dorongan yang cukup kuat untuk fisik kita lakukan. Caranya, gampang, yang perlu kita lakukan adalah tanyakan kepada diri kita sendiri. Berbicaralah dengan pikiran kita, apa tujuan saya untuk melakukan ini? Apa pentingnya? Apa artinya kalau tujuannya tercapai?  Jawaban-jawaban yang diberikan biasanya dapat membangkitkan motivasi yang ada di dalam diri kita sendiri kecuali.

Jadi semoga pada saat kita kehilangan motivasi untuk melakukan sesuatu yang menurut kita penting untuk dilakukan, tulisan ini dapat membantu kita semua mencari motivasi di dalam diri kita demi mencapai sebuah tujuan yang baik.

Irvan Irawan Jie

0 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua