• Irvan Irawan Jie

Mastering - Worn Out


"Pak, komponen karet di pintu mobilnya sudah pada getas." Perkataan seorang customer service di sebuah bengkel mobil tempat saya menyervis mobil saya. Sejak pandemi dimulai, mobil saya yang satu ini memang jarang sekali di pakai. Bahkan sejak servis terakhir hampir setahun yang lalu sampai kemarin, mobil yang satu ini hanya mencatat perjalanan sejauh seribu kilometer saja.


Walaupun begitu, mobil ini tetap perlu di servis secara berkala, oli-oli mesin dan transmisi tetap perlu diganti. Sistem-sistem lain di mobil juga perlu diperiksa. Maka itu ditemukan bahwa bukan hanya karet saja yang getas, tetapi ban mobil bagian depan juga sudah mulai menunjukkan tanda-tanda perlu di ganti. Padahal kalau menurut hitungan sebenarnya belum waktunya di ganti.


Bisa saja selama pandemi karena tidak dipakai dan hanya di parkir di halaman depan rumah, karet-karet tersebut terekspos dengan elemen-elemen alam. Terik panas di siang hari, udara yang lebih dingin di malam hari ataupun hujan yang melanda Jakarta. Demi keamanan pengendara dan juga penumpang di mobil itu, maka saya perlu menggantinya dengan yang baru. Walaupun secara waktu mungkin belum lama, tetapi secara fungsi sudah tidak lagi berguna.


Kemampuan-kemampuan yang saya miliki, bisa saja karena waktu menjadi sesuatu yang tidak lagi berguna bagi diri saya. Bukan hanya karena waktu, bisa juga kemampuan saya menjadi sesuatu yang usang karena memang zaman sudah berubah dan tidak lagi diperlukan. Usang bukan karena waktu tetapi karena memang sudah ada sesuatu yang baru dan lebih baik. Apabila saya mempertahankan kemampuan yang sudah usang, maka saya berisiko menjadi seseorang yang tidak lagi efektif dalam hal yang saya kerjakan dan suatu saat akan digantikan dengan orang lain yang lebih efektif.


Fleksibilitas apa yang perlu dimiliki untuk terus memperbaiki kemampuan yang dimiliki? Mampukah mengganti kemampuan lama yang mungkin sudah nyaman digunakan dengan sesuatu yang lebih baru, efektif dan memberdayakan?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach


4 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua