• Irvan Irawan Jie

Mastering - Usefulness


Terkadang saya memiliki pertanyaan acak yang bisa muncul tiba-tiba. Pertanyaan acak yang muncul kemarin malam ketika saya tidak bisa tidur adalah: Apa jadinya kalau dunia ini tidak memiliki nyamuk? Saya tidak bisa tidur kemarin karena di kamar saya ternyata ada beberapa nyamuk yang sangat ganas sehingga setiap kali ada anggota tubuh saya yang keluar dari selimut, rasa gatal karena digigit muncul sesaat setelahnya.


Bisa saja, nyamuk-nyamuk ini sedang membalaskan dendam teman-temannya yang sudah terlebih dulu saya bunuh secara membabi buta dan tanpa ampun. Dua hari kemarin ketika saya berada di kamar mandi anak saya yang jendelanya berbatasan dengan teras lantai dua di atas garasi saya, saya menemukan puluhan nyamuk sedang menempel di dinding. Tanpa pikir panjang saya mengambil raket listrik andalan dan mulai mengayunkannya tanpa ampun.


Alhasil dalam dua puluh menit saya berhasil membunuh tiga puluh dua nyamuk. Nyamuk yang memiliki teman, saudara atau bahkan anak-anak. Mungkin saja karena ini, teman-teman, saudara-saudara dan anak-anak mereka sedang membalaskan dendamnya saja. Apa gunanya sebenarnya nyamuk? Pertanyaan saya bagi Tuhan nanti kalau saya sudah bertemu dengannya, berbarengan dengan pertanyaan mengapa wanita tidak mudah untuk dimengerti.


Setelah saya mencari tahu, ternyata nyamuk ada gunanya juga. Nyamuk menjadi sumber makanan bagi binatang lain, nyamuk juga membantu bunga-bunga menyebarkan benang sari kepada putik bunga lainnya, nyamuk juga ternyata menjaga hutan dengan menjadi begitu menyebalkan bagi mereka yang akan menebangnya dan terutama nyamuk juga menjaga populasi manusia sehingga tidak terlalu banyak dengan virus-virus berbahayanya. Sejelek-jeleknya mereka, ternyata mereka juga ada gunanya bagi dunia ini.


Segala sesuatu yang mungkin kita anggap tidak memberdayakan, bisa jadi ada kebergunaan baiknya, hanya saja mungkin kita tidak dapat melihat atau menyadarinya. Kebergunaan apa yang bisa di dapatkan dari keadaan kita saat ini?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua