• Irvan Irawan Jie

Mastering - Usefulness


Pohon mangga di rumah hanya pernah berbuah sekali, sekali-kalinya ketika dia baru saja dibeli dan ditanam di rumah karena memang sudah ada buahnya. Semenjak dia menempati rumah barunya di pekarangan rumah saya, dia tidak pernah lagi mengeluarkan buahnya. Segala cara sudah dilakukan oleh saya dan bahkan mertua saya yang begitu menyukai tanaman. Pupuk, vitamin tanah, penggalian akar, pencacahan batang bahkan pemotongan daun-daun sudah dilakukan.


Sudah lebih dari lima tahun pohon itu berada di pekarangan rumah saya, dimulai dari pohon kecil sampai sekarang tingginya bahkan sudah melebihi tinggi balkon rumah saya. Yang sama hanya satu hal, bahwa dia tidak pernah berbuah. Entah apa yang dipikirkan oleh pohon itu sehingga dia tidak pernah mau menghasilkan buah untuk kami yang sudah merawatnya.


Musim apapun yang sedang terjadi di sekitar rumah kami, musim hujan, musim panas, musim belimbing, musim manggis, musim melon, tetapi kami tidak pernah menikmati musim mangga yang berbuah di taman kami sendiri. Sebagaimana kami memaksa pohon itu untuk berbuah tetapi pohon itu tidak pernah bergeming. Dia tetap berpegang teguh pada pendiriannya. Dia tetap berperilaku seperti pohon mangga yang tidak berbuah.


Pohon mangga itu tidak memedulikan ekspektasi orang-orang yang di sekitarnya. Dia tetap berpegang teguh kepada pendiriannya, dia mungkin akan berbuah tepat pada waktunya. Tidak ada hal yang diluar dirinya yang dapat memaksanya melakukan sesuatu. Tetapi sekarang kami sudah mulai jengah dan berencana memotongnya. Sudah cukup kesabaran kami dan kami sudah menanam penggantinya.


Ketika melakukan sesuatu, perhatikan sisi ekologisnya. Semua yang kita lakukan perlu bukan hanya baik bagi diri sendiri tetapi juga baik bagi orang-orang di sekitar kita. Sudahkah perilaku kita ekologis dalam bersosialisasi dengan orang lain? Jangan sampai segala sesuatu yang kita lakukan akhirnya menyia-nyiakan apa yang orang lain sudah berikan kepada kita.


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua