• Irvan Irawan Jie

Mastering - Transformation


Kemarin malam saya berbicara dengan Michael Hall, pencipta Neuro-Semantics dalam acara Global NS Community Gathering. Ada kurang lebih enam puluh orang berkumpul dari berbagai negara, bahasa dan zona waktu. Kami semua berkumpul sebagai usaha untuk mempersatukan komunitas global para Neuro-Semanticist. Setelah acara, diberikan waktu untuk mengobrol santai, namun dari enam puluh yang ada yang tinggal hanya sekitar lima belas orang.


Dari lima belas orang itu, yang aktif berbicara hanya beberapa orang saja. Kesempatan yang baik untuk bertanya langsung kepada Michael tentang Neuro-Semantics. Ada seorang peserta dari Tunisia yang menanyakan tentang Matrix tapi sesudah itu tidak ada lagi yang mau bertanya. Saya mengambil kesempatan ini untuk memodel Michael dalam cara berpikirnya mengantisipasi perubahan dan transformasi seseorang dalam sesi coaching.


Menurut penjelasan beliau, setiap hari keadaan di sekitar dan di dalam diri kita berubah. Bahkan perubahan yang terjadi tidak lagi kita sadari karena sudah terbiasa dengan perubahan-perubahan. Karena setiap hari kita mengalami perubahan yang kecil, kita menjadi tidak peka dan mengantisipasi perubahan-perubahan yang bisa saja terjadi dalam hidup kita. Walaupun sebenarnya perubahan yang terjadi adalah cikal bakal dari perubahan yang besar, baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang.


Ketika ada sebuah perubahan yang akan terjadi dalam cara pikir, cara pandang, pemahaman bahkan keyakinan kita, terkadang seseorang akan menganggapnya sebagai sesuatu biasa saja, tidak lazim atau bahkan merasa tidak nyaman. Karena itu seseorang tidak pernah mengantisipasi terjadinya perubahan. Perubahan yang bisa saja terjadi itu akhirnya dibiarkan lewat begitu saja tanpa digunakan. Perubahan kecil yang terjadi saat ini bisa saja membawa dampak besar dalam jangka waktu yang panjang.


Di akhir sesi percakapan, Michael memberikan sebuah pertanyaan yang ingin saya bagikan kepada anda. Pertanyaannya adalah: Dalam setiap hari, persiapan apa yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi perubahan yang mungkin terjadi hari ini, untuk kehidupan yang lebih baik?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua