• Irvan Irawan Jie

Mastering - Time and Process


"Kepala dede pusing sekali ma..." tangis anak saya yang kecil kemarin malam karena virus yang sedang ada di tubuh kecilnya. Istri saya pun langsung memanggil saya dan menanyakan apa yang perlu dilakukan. Saya juga tidak tahu jawab saya. Dia sudah minum obat penurun panas dan antibiotiknya hari ini. Tetapi sepertinya tidak bekerja menurut istri saya. Lalu saya pun mencoba untuk konsultasi dengan dokter via aplikasi.


Menurut dokter, gejala pusing karena Covid adalah gejala yang umum, dokter hanya menyarankan memakan obat penurun panasnya. lalu ketika saya tanya kepada istri kapan anak saya meminumnya, ternyata baru sekitar lima belas menit yang lalu. Walaupun obatnya sudah diminum, tetapi perlu ada waktu sejenak sebelum obatnya bekerja.


Sayangnya kita tidak tahu kapan pusing itu akan terjadi, kalau sudah tahu tentu saya dan istri bisa siap-siap dengan memberikan obat penurun panas dan sakitnya lebih awal. Alhasil setelah setengah jam berlalu, pusingnya sudah mulai reda dan anak saya minta susu hangat dan roti untuk dimakannya. Kejadian malam itu pun berakhir dengan rasa lega.


Dalam hidup, kita tidak pernah tahu kapan kita akan menghadapi masalah atau kepusingan tertentu. Belum ada alat untuk memprediksinya, yang bisa kita lakukan adalah mempersiapkan diri. Bahkan ketika semua sudah dilakukan pun terkadang ada waktu jeda sebelum apa yang kita lakukan memberikan hasil. Semua ada waktu dan prosesnya, selama kita sudah memberikan yang terbaik, biarkan prosesnya bekerja. Hasil baru akan diketahui nanti ketika saatnya dia datang.


Proses apa yang perlu kita lakukan untuk mempersiapkan diri kita untuk kepusingan di masa yang akan datang?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua