• Irvan Irawan Jie

Mastering - Strength


Setangkup roti keju buatan istri tersayang ada di depanku. Walaupun aku lebih suka untuk tidak sarapan di pagi hari. Tetapi roti keju ini spesial, setiap pagi sebelum aku berangkat untuk kerja istriku akan ikut bangun pagi untuk membuatkannya untukku. Langsung saja kulahap setangku roti keju itu tanpa pikir panjang urusan kalori dan protein yang ada di dalamnya. Yang kutahu setangkup itu akan memberikanku kekuatan.


Dalam bekerja, aku perlu tenaga ekstra juga pikirku. Bukan hanya tenaga tetapi aku juga butuh menjaga kesehatan dengan memakan vitamin. Vitamin yang biasanya kumakan pada siang hari setelah makan siang, sekarang kumakan di pagi hari sebelum berangkat. Tidak ekologis apabila aku membawa botol vitamin yang besar itu ke tempat kerja untuk dimakan di siang hari. Vitamin itu juga akan menjaga kekebalan tubuhku di masa-masa sekarang.


Keuntungan untuk memakan setangkup roti keju itu lebih besar daripada berdisiplin dengan peraturan diet yang kutetapkan. Lagi pula satu tangkup roti keju itu lebih banyak protein daripada karbohidratnya. Karbohidrat bisa kubakar karena selama bekerja aku akan lebih banyak berdiri daripada duduk di rumah. Pikirku semua tenaganya juga akan dikeluarkan dan tidak berpengaruh dengan usahaku untuk melangsingkan perutku.


Terkadang memang aku terlalu ketat terhadap peraturan yang kubuat sendiri, peraturan yang terkadang belum tentu juga baik untukku ataupun bagi orang-orang yang menyayangiku. Peraturan yang kubuat bisa saja melemahkan diriku dan mengambil kembali kekuatanku untuk berusaha dengan penuh tenaga. Berbeda dengan peraturan di luar yang sudah ada hukum wajibnya, peraturan yang di dalam adalah sepenuhnya berada di dalam kendali tenagaku.


Sudahkah menjaga kekuatan diri kita untuk mengubah peraturan-peraturan yang tidak berguna bagi diri kita dan orang di sekitar kita? Atau bahkan melanggar peraturan di dalam diri tersebut dengan penuh kesadaran karena akan mendapatkan sesuatu yang lebih baik bagi diri sendiri dan sekitar?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua