• Irvan Irawan Jie

Mastering - Steam Kettle


Tuuuuuuuttttttt..... suara teko berbunyi di pagi hari. Istri saya yang sedang di atas pun langsung berlari ke lantai satu guna mematikan teko yang sudah mendidih. Walaupun setelah beberapa detik bunyi itu hilang karena uap dari air panas sudah membuka tutup teko itu. Setiap pagi istri saya pasti memasak satu teko air panas untuk dimasukkan ke termos. Air panas itu nantinya akan digunakan oleh kami untuk berbagai macam keperluan.


Apa jadinya seandainya teko itu bukannya berbunyi indah memberi tahukan kepada istri saya ketika dia sudah siap untuk dituang? Seandainya saja bunyinya adalah teriakan-teriakan dan perilakunya adalah luapan air panas kemana-mana? Tentu saja teko itu sudah lama kami buang karena selain tidak ada yang suka diperingatkan dengan teriakan dan amarah, air nya juga akan habis karena sudah diluapkan kemana-mana.


Sepanas apa pun air yang berada di dalam teko, teko itu tetap mempertahankan keutuhan dirinya. Teko itu tidak pecah berkeping-keping dan hancur berantakkan, teko itu tidak berteriak keras tetapi bersiul indah dan airnya tidak dibuang kemana-mana, tetapi disalurkan dengan baik setelah apinya dimatikan. Hasil dari teko tersebut juga dapat digunakan untuk kepentingan dan kebaikan orang-orang satu rumah ini.


Hidup akan selalu penuh tantangan, kadang saya merasa bahwa saya berada di dalam teko air panas yang sedang dimasak oleh keadaan. Kadang saya merasa bahwa saya sudah mendidih dan sebentar lagi saya tidak akan tahan dan berteriak, mengeluh dan meratapi hidup saya. Bukan hanya itu, amarah saya akan meluap-luap keluar dari diri saya ke dunia. Namun apakah teriakan dan amarah saya akan berguna? Baik untuk saya dan orang-orang di sekitar saya?


Pilihan apa yang saya miliki? Seandainya saya seperti teko, maka saya masih dapat bersiul indah dan menggunakan energi dari keadaan yang saya alami untuk bisa membawa kebaikan bagi diri sendiri dan orang-orang di sekitar saya.


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

9 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua