• Irvan Irawan Jie

Mastering - State of Decay


Saya masih ingat pertama kali saya membeli ranjang itu untuk anak-anak saya. Ranjang tersebut adalah sebuah ranjang yang bersusun, pemikiran saya adalah kakak bisa tidur di atas dan adiknya bisa tidur di bawah. Bukan ranjang tingkat, tetapi ranjang yang bagian bawahnya bisa ditarik. Pertama kali ranjang itu ditaruh di tempatnya, terlihat begitu indah dan pas dengan skema kamar anak yang kami inginkan.


Setelah pemakaian lebih dari tiga tahun, sekarang baru terlihat cacat-cacatnya ranjang tersebut. Pinggirannya sudah mulai kotor, kain penutup bagian bawahnya mulai terkelupas dan menjuntai ke bawah. Sehingga setiap kali ranjang bawah ditarik, maka kain bawahnya ikut menjuntai ke arah lantai. Masalah yang tidak pernah dialami ketika ranjang tersebut masih baru. Jangan-jangan masalah nyamuk di kamar saya karena kain hitam di bawah ranjang tersebut bisa menyembunyikan nyamuk dengan baik dari raket listrik saya.


Akhirnya pagi ini saya memutuskan untuk membenarkannya. Saya membersihkan kembali kain penutupnya lalu mengelem dan memaku kembali kainnya ke tempat semula. Setelah berjibaku dengan uhu, paku dan palu, akhirnya kain tersebut terpasang kembali seperti sedia kala. Namun dari situ saya sadar bahwa suatu saat kain itu akan menjuntai kembali dan akhirnya perlu diganti atau diperbaiki lagi.


Apa pun yang kita miliki, tidak akan pernah menjadi lebih baru karena kita pakai. Yang ada, selama kita memakai barang-barang atau tubuh yang kita miliki ini, semuanya akan semakin lama semakin menuju kepada kerusakan. Yang bisa kita lakukan hanyalah memperlambat waktu dengan menjaganya. Segala yang berbentuk suatu saat akan habis, rusak, tidak dapat diperbaiki lagi dan akhirnya mati digantikan dengan yang baru.


Pertanyaannya adalah, apa yang akan kita lakukan dengan yang ada saat ini untuk menjadi berdaya, berguna dan bermanfaat? Selagi masih ada masanya.


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua