• Irvan Irawan Jie

Mastering - Speed


Ketika kecil kakek saya memiliki pohon mangga yang selalu berbuah pada musimnya. Biasanya ada waktu-waktu di dalam setahun dimana saya menerima berbaskom-baskom buah mangga harum manis hasil panen dari pohon kakek. Sayangnya tidak semua buah itu matang, sehingga ketika kecil saya baru tahu apa yang namanya di karbit. Buah mangga itu ditaruh di dalam karung dan ditempatkan di tempat yang gelap.


Saya juga tidak tahu apakah itu cara mematangkan buah mangga yang benar, yang saya tahu bahwa masa kecil saya dipenuhi dengan kenangan indah memakan buah mangga sampai puas. Keinginan untuk menikmati buah mangga itu menjadi sebuah dorongan untuk menemukan cara mematangkan buah-buah mangga dengan cepat. Walaupun mungkin sebenarnya belum waktunya mangga itu dipanen.


Saya sendiri sampai dewasa terobsesi dengan kecepatan. Semuanya mau serba cepat, bukan hanya dalam menikmati barang-barang tetapi juga memaksa diri saya untuk terus bergerak maju. Kalimat-kalimat motivasi yang pernah saya baca juga menunjukkan bahwa kecepatan adalah hal yang baik. Saya jadi ingin cepat memiliki sesuatu, cepat kaya, cepat sukses, cepat berhasil, cepat "matang", walaupun mungkin belum waktunya.


Kebiasaan untuk mempercepat hal-hal yang bisa di dapatkan juga dipengaruhi oleh lingkungan sosial saya saat ini. Mau makan tinggal pesan online, tidak perlu bermacet-macet ria. Membeli sesuatu bisa dikirim secara ekspres, Internet yang dulu hanya 56 kbps, sekarang sudah 50 Mbps. Mau menonton film terbaru atau dengar lagu terbaru, semuanya tersedia dalam aplikasi. Saya dimanja dengan kecepatan yang ada. Sayangnya ini hanya untuk hal-hal yang di luar diri saya.


Di dalam diri saya dan mungkin juga anda, bisa jadi kita masih memerlukan waktu untuk bisa bertumbuh dan berkembang secara matang. Kecepatan setiap kita akan berbeda-beda, waktu untuk matang akan datang pada waktunya. Ketika matang sesuai dengan waktunya barulah hidup kita berbuah manis. Untuk itu, saya perlu memelankan diri saya dan terus menyadari kemampuan saya untuk mematangkan diri saya sendiri.


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua