• Irvan Irawan Jie

Mastering - Sincerity


Sebotol sambal kacang apa yang dihargai puluhan juta? Sebotol kacang ketulusan. Empat hari yang lalu ada sebuah pesan di Instagram tentang sebuah pelatihan yang mau diadakan mulai dari Senin kemarin sampai hari Jumat minggu depan. Pelatihan sertifikasi Internasional yang berharga puluhan juta untuk mengikutinya. Pelatihan level mahir yang hanya bisa diikuti oleh mereka yang sudah pernah ikut pelatihan sebelum-sebelumnya.


Salah satu peserta adalah seorang teman baik yang pernah ikut pelatihan sebelumnya, memiliki niat untuk bisa ikut pelatihan yang saat ini, tetapi belum memastikan. Sebotol sambal kacang yang akhirnya memantapkan niatnya, walaupun saya rasa ini hanya salah satu faktor dari sekian banyak faktor yang terpikirkan. Cerita ini adalah cerita dari teman baik saya ini.


Di hari pertama, ketika ditanya mengapa mengambil kelas pelatihan puluhan juta ini, teman baik saya menjawab karena sebotol sambal kacang. Bukan tentang harga sambal kacang ini atau tentang rasanya yang juga enak, tetapi menurut beliau adalah tentang ketulusan. Ketulusan untuk menjanjikan sebotol sambal kacang yang menyentuh hatinya untuk memantapkan dan memutuskan ikut pelatihan ini.


Setelah memutuskan, rezeki pun akhirnya mengikuti untuk bisa membayar pelatihan ini. Kemarin pagi, akhirnya saya menepati janji untuk membawakan sebotol sambal kacang yang dinanti-nanti. Pelatihan masih panjang, masih ada kesempatan beberapa kali untuk sebotol sambal kacang itu muncul lagi di meja untuk kudapan pagi ataupun sore hari. Ini bukan cerita tentang sambal kacang, ini adalah cerita tentang ketulusan.


Sudahkah dengan tulus melakukan sesuatu untuk orang lain? Siapa yang dapat menyangka bahwa dengan sebotol sambal kacang, kita bisa mendapatkan rezeki, pertemanan dan juga berkah pembelajaran?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua