• Irvan Irawan Jie

Mastering - Signal


Apa gunanya lampu sein di mobil seandainya memberi tanda mau belok ke kanan tapi akhirnya belok ke kiri. Entah siapa yang mengemudikan truk itu, tetapi itulah yang dilakukannya kemarin sore ketika saya sedang dalam perjalanan pulang. Yang terlintas pertama kali dalam pikiran saya adalah apakah ada emak-emak yang mampu mengemudikan sebuah truk besar?


Pikiran kedua saya adalah tebakan saya bahwa sang sopir tidak sadar bahwa lampu seinnya menyala dari dalam kabin mengemudinya. Bisa jadi indikator di dalam mobilnya tidak bekerja dengan baik. Pikiran ketiga adalah sang sopir tidak memahami bagaimana cara menggunakan lampu sein yang baik dan benar. Dan pikiran terakhir saya adalah sang sopir menjadi korban teman mekaniknya yang salah memasang kabel lampu sein sehingga ketika dia ingin menandakan belok kanan, sein kiri yang menyala dan sebaliknya.


Apa pun yang terjadi, pada saat itu sang sopir pengemudi truk tersebut tidak menyadari apa yang ditunjukkan oleh truknya di jalan tol yang dapat menjadi potensi bahaya bagi pengemudi lainnya. Sang sopir tidak mampu menyampaikan pesan yang ingin disampaikan dengan perilakunya baik disadari atau tidak. Sinyal yang ditunjukkan berbeda sama sekali dengan niat dirinya. Pada akhirnya dampak dari ketidaksadarannya adalah orang lain di sekitarnya.


Saya beruntung tidak menjadi korban kecelakaan karena kelalaiannya, dan bahkan terkadang saya pun bisa menjadi seperti sang sopir truk tersebut. Saya berkata-kata dan berperilaku sebagai sinyal yang saya berikan kepada dunia luar, sinyal yang belum tentu selaras dengan apa yang ada dalam pikiran dan perasaan saya. Sinyal yang ditangkap oleh orang lain akhirnya berbeda dengan yang saya harapkan dan terjadi yang namanya mis-komunikasi. Hanya karena saya tidak mampu dengan penuh kesadaran memberikan sinyal yang selaras.


Sudahkah kita meluruskan pikiran dan perasaan sehingga sinyal yang diberikan dalam bentuk kata-kata dan perilaku kita selaras dengan niat yang berada di dalam diri kita?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua