• Irvan Irawan Jie

Mastering - Right Place


"Tik... Tik... Tik..." bukan bunyi hujan yang menetes di atas genting. Bukan air yang turun dari langit ke bumi, Jakarta masih panas saudara-saudaraku. Bunyi itu adalah bunyi rayap yang ada di atas plafon kamar anak-anak. Beberapa kali sebelumnya sudah saya pernah dengar dan bahkan saya sudah naik ke plafon untuk menyemprotkan semprotan anti serangga di sana. Tetapi kemarin malam ternyata muncul lagi.


Sebelum masa PPKM, saya sudah menghabiskan dua botol semprotan anti serangga di atas plafon kamar anak-anak. Hasilnya kamar anak-anak tidak dapat ditiduri selama dua hari dan anak-anak perlu tidur di kamar utama bersama dengan kami. Saya takut bau menyengat dari obat anti serangga menganggu sistem pernapasan anak-anak yang tidur di sana. Setelah dua hari baunya hilang barulah saya biarkan anak-anak tidur kembali di sana.


Tetapi sepertinya dua botol obat anti serangga itu tidak terlalu berguna dalam menyelesaikan masalah rayap dan bunyi "Tik...Tik...Tik" yang kadang menganggu tidur anak-anak juga. Sampai akhirnya tadi malam saya menyadari, ternyata bunyi rayap itu bukan datangnya dari plafon kamar, tetapi dari kusen jendela yang menunjukkan tanah di sekitar lantainya. Barulah saya temukan tempat tinggal rayap yang selama ini makan enak di kamar anak-anak tanpa undangan.


Beberapa kali saya melakukan kesalahan yang sama. Saya berpikir bahwa akar dari masalah yang saya sedang hadapi adanya di satu tempat. Saya menghabiskan tenaga dan upaya untuk menyelesaikan masalah yang saya hadapi. Saya kira dengan menyelesaikan akar masalah maka semuanya akan beres. Tetapi kadang masalah yang sama itu muncul lagi. Bisa jadi saya salah menaruh tempat tenaga dan upaya untuk menyelesaikan. Yang saya usahakan untuk selesai adalah yang di plafon, padahal yang benar-benar perlu saya selesaikan yang ada di kusen.


Apakah sekarang tenaga dan upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah sudah diberikan kepada tempat yang tepat?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua