• Irvan Irawan Jie

Mastering - Reward


"De, hari ini kita PCR lagi ya..." tanya saya sambil mengalibrasi reaksi anak saya yang keci. Kemarin sudah tepat empat belas hari kami isolasi karena anak saya yang kecil positif Covid. "Do I have to?" jawabnya. Saya pun menjawab kembali "Iya, de, you need to, karena supaya tahu kamu udah sembuh betul apa belum. Kalau sudah sembuh, kamu bisa turun lain main di bawah dan mungkin main di luar."


"Ok" jawabnya singkat dengan mimik muka yang saya artikan sebagai sebuah rasa khawatir dan takut. Pertama kalinya dia PCR ketika dia mulai demam tinggi, saya dan istri butuh menahan kedua tangan dan kakinya untuk suster memasukan alat swab ke hidung dan mulutnya. Itu pun dia masih berontak dengan menutup mulutnya rapat-rapat. Adik ipar saya yang dokter sudah menyarankan untuk tidak perlu swab agar dia tidak trauma di swab.


Pukul dua belas siang, datanglah suster yang akan swab kami berempat. Dimulai dari saya, lalu istri, kakaknya dan tibalah saatnya anak saya yang kecil di swab. Saat itu juga ayah mertua saya melakukan panggilan telepon video untuk melihat prosesnya. Ketika anak saya mulai duduk, keluar kalimat ajaib dari ayah mertua saya. "De, kalau gak nangis nanti kakek belikan mainan besok." Wajah khawatirnya seketika juga sirna dan langsung dia memberanikan diri untuk di swab.


Walaupun dia ingin menangis tetapi dia menahan dengan segenap tenaganya untuk kelihatan tegar yang diikuti dengan tawa terbahak-bahak kakaknya dan istri saya karena memang mimik mukanya yang sangat lucu. Keinginan untuk mendapatkan mainan, sepertinya adalah sebuah hadiah yang lebih kuat rasa ingin didapatkannya dibanding dengan ketakutannya untuk di swab. Sesuai kata Nietzsche "dia yang mengetahui kenapa dia melakukannya dapat menanggung apapun yang perlu dilakukannya."


Sudahkah kita mengetahui dan memiliki alasan yang sangat kuat untuk melakukan sesuatu sehingga kita bisa melakukannya walaupun ada tantangan dan halangan di depan kita?


To your highest and masterful self,

Irvan irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach


P.s. Semua hasil swab kami puji Tuhan "NEGATIVE".

8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua