• Irvan Irawan Jie

Mastering - Practitioner


Saya menemukan sebuah tulisan di buku manual yang sudah lama tidak saya baca. Di buku itu ditulis bahwa setiap dari kita sudah menguasai sebuah kemampuan, namun ketika menguasai sebuah kemampuan bukan berarti kita sudah selesai. Karena setiap dari kita bertumbuh dari satu level kemampuan kepada level kemampuan yang lebih tinggi lagi. Sebuah tindakan yang bodoh ketika kita menganggap bahwa saya sudah mencapai titik kemampuan tertinggi.


Seperti pepatah mengatakan di atas langit masih ada langit. Tingkat kemampuan yang kita miliki hanya dibatasi oleh batasan yang diciptakan oleh diri sendiri. Sebuah cara pikir dan keputusan yang diambil untuk menciptakan batasan tersebut yang akan membatasi pertumbuhan kemampuan kita. Apa jadinya apabila cara pikir dan keputusan tersebut diubah menjadi, saya akan terus belajar dan meningkatkan kemampuan saya.


Setiap dari kita sudah pernah mempelajari sesuatu, baik itu berjualan, memimpin, coaching, menjadi orang tua, mengajar, mencintai dan lain-lainnya. Apakah dengan belajar dan tahu caranya lalu kita berhenti begitu saja? Apakah sudah puas dengan kemampuan yang dimiliki setelah mengetahui caranya? Mengetahui caranya berbeda dengan melakukannya. Saya juga termasuk orang yang mungkin lebih banyak tahu daripada melakukannya. Sayangnya banyak yang seperti saya. Setelah belajar, menganggap bahwa saya sudah bisa dan akhirnya membiarkan kemampuannya terkikis oleh waktu.


Mengetahui adalah sesuatu yang mudah, apalagi di zaman informasi seperti saat ini. Melakukan apa yang diketahui dan terus melatihnya adalah kunci untuk bisa mendapatkan level kemampuan yang lebih tinggi. Dengan level kemampuan yang lebih tinggi, kapasitas kita terbangun dan akhirnya jenis tantangan dalam hidup yang dapat dihadapi juga menjadi semakin besar. Semakin besar tantangan yang bisa dihadapi dan diselesaikan dengan baik maka semakin besar pula kebahagiaan yang bisa didapatkan.


Kemampuan apa yang sudah kita ketahui saat ini, tetapi belum sepenuhnya digunakan? Saatnya melatihnya kembali untuk mendapatkan level kemampuan dan keahlian yang lebih tinggi lagi untuk menciptakan masa depan yang lebih baik.


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua