• Irvan Irawan Jie

Mastering - Pattern


Selama sembilan hari saya tidur lebih cepat, bangun lebih pagi, mandi lebih pagi, keluar rumah lebih pagi dan bersama-sama dengan teman-teman pembelajar seharian sampai pulang ke rumah di malam hari. Pagi ini saya bangun merasa ada sesuatu yang hilang. Kebiasaan dan pola yang sudah terbangun selama sembilan hari terputus, karena memang kemarin pembelajaran bersama kami secara teknis sudah selesai.


Bangun di pagi hari melihat percakapan di grup whatsapp kelas pembelajaran bersama memberikan sebuah rasa normal, karena seolah-olah percakapan kami di kelas belajar bersama belum berakhir. Topik yang dibicarakan pun berhubungan dengan pengalaman kami selama sembilan hari. Seakan-akan selama sembilan hari saya terpola untuk mengikuti sebuah kebiasaan baru.


Di hari-hari pertama, tidur dan bangun lebih pagi adalah sebuah pola baru yang perlu saya pelajari dengan mengubah pola yang lama. Sekarang pola baru tersebut sudah menjadi sebuah pola lama yang terbiasa oleh tubuh saya. Pagi ini pun saya perlu mengubah pola lama dan membentuk pola baru yang akan saya gunakan di hari-hari ke depan.


Setiap dari kita memiliki pola yang kita gunakan dalam menghidupi hidup sehari-hari. Ada pola yang disadari dan memang dibentuk, ada pula pola yang mungkin tidak disadari. Setiap pola ada yang berguna dan ada yang tidak berguna. Pola yang berguna akan menjadikan hidup kita hari ini sebagai sesuatu yang menyenangkan dan pola yang tidak berguna sebaliknya.


Sudahkah menyadari pola-pola yang digunakan dalam keseharian? Adakah pola-pola yang perlu diubah sehingga hari-hari menjadi lebih memberdayakan dan membahagiakan?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua