• Irvan Irawan Jie

Mastering - Path


Seorang anak dengan karung plastiknya berjalan perlahan mengikuti ibunya yang membawa karung plastik yang lebih besar. Mereka berdua menyusuri jalan dan mengambil botol-botol plastik yang berserakan di pinggir jalan. Botol-botol yang memang dibuang oleh para pemotor yang melewati jalan tersebut atau orang-orang yang memang memarkir kendaraannya di sisi jalan itu.


Mereka berdua berjalan menyusuri jalanan sambil bergantian mengambil botol-botol plastik, asumsi saya mereka adalah pemulung yang mencari uang dengan menjual botol-botol plastik tersebut. Asumsi saya berdasarkan dari pakaian yang mereka pakai dan caranya mereka berjalan. Berjalan yang sepertinya tanpa arah dan dengan langkah yang perlahan. Entah karena lelah atau karena mereka sedang mencari-cari botol plastik yang bisa diambil.


Pemandangan ini saya lihat kemarin sore dalam perjalanan pulang ke rumah. Dari dalam mobil di tengah kemacetan karena kereta api yang sedang lewat saya memperhatikan mereka. Dalam pikiran saya sepertinya si anak sedang berjalan mengikuti ibunya. Ke mana arah perjalanan anak tersebut. Apakah akan sama seperti ibunya? ataukah anak itu sedang berjalan menuju masa depan yang berbeda total dari ibunya? Itu pun kalau perempuan yang di depan dia adalah ibunya.


Hal ini juga mengingatkan saya atas perjalanan saya dan anak-anak saya. Bahkan bukan hanya perjalanan saya dan keluarga tapi juga perjalanan hidup setiap orang yang sedang hidup di saat ini. Setiap dari kita sedang mengikuti jalan yang sedang kita hidupi. Arah tujuan mungkin sudah disiapkan atau bahkan belum pernah terpikirkan sama sekali. Perjalanan yang tetap akan dijalani dengan atau tanpa tujuan yang jelas.


Sudahkah menyadari kemana arah tujuan jalan hidup yang sedang kita tempuh? Apakah perjalanan ini menuju ke tempat yang akan membawa bahagia bagi diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita? Ataukah perjalanan hidup yang sedang kita jalani hanya dijalani tanpa arah dan tujuan?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua