• Irvan Irawan Jie

Mastering - Overextending


"Van, kamu dimana? Eh iya saya lupa", ternyata jadwal saya bentrok untuk dua acara malam kemarin. Satu acara dimana saya ingin sekali mendengarkan sharing tentang guru saya yang berpulang empat puluh hari yang lalu. Satu acara lagi adalah dimana saya bertanggung jawab untuk menjadi asesor dan perlu berlatih setiap Selasa secara daring. Saya perlu memilih salah satunya, yang satu belajar, yang satunya tanggung jawab. Yang satunya untuk kesenangan pribadi, yang satu untuk membangun orang lain.


Hal ini terjadi karena saya cenderung mengiyakan segala sesuatu yang datang kepada saya. Saya benar-benar lupa bahwa saya memiliki dua acara yang bersamaan. Akhirnya saya sadar bahwa ketika saya memilih salah satunya, maka saya akan berpotensi mengecewakan yang satunya. Ini semua karena ketidakmampuan saya untuk menjaga jadwal saya sendiri, dasarnya adalah karena saya belum mampu mengendalikan diri sendiri.


Ketika saya sedang cek dengan diri saya, bisa jadi karena saya kurang teliti dalam mencatat jadwal saya. Bisa jadi juga karena saya terlalu cepat menjawab "iya" karena saya tidak mau mengecewakan orang-orang yang meminta jadwal saya. Saya masih merasa perlu disukai dan selalu menjawab "iya" pada permintaan yang datang. Padahal dengan saya memiliki dua acara yang bentrok, maka yang terjadi justru bisa saja saya mengecewakan salah satu pihak. Hal ini juga berpotensi menyebabkan saya tidak disukai karena tidak bisa dipegang perkataannya.


Sempat terbersit dalam pikiran saya untuk mengikuti keduanya, tetapi apabila itu saya lakukan, maka saya tidak akan mendapatkan manfaat ataupun memberikan manfaat yang berarti. Dengan sedih hati, saya memilih untuk bertanggung jawab atas tugas yang perlu saya lakukan. Tetapi pelajaran yang saya ambil adalah menjadi lebih bijaksana sebelum menjawab "iya" pada terlalu banyak permintaan yang datang kepada saya.


Untuk mendapatkan kebahagiaan, hal-hal baik apa yang perlu kita tolak hari ini?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua