• Irvan Irawan Jie

Mastering - Out of Use


Suara burung berkicauan di pagi hari, aliran air yang mengalir di sungai dan juga lagu yang menggugah saya untuk bangun pagi ini. Alarm yang sudah saya dengar setiap hari sejak tujuh tahun yang sama. Bahkan tidak jarang saya mematikan alarm itu sebelum alarmnya berbunyi. Sepertinya tubuh saya sudah terbiasa untuk bangun di waktu yang sama.


Kemarin istri saya sempat bertanya kepada saya, jangan lupa matikan alarm kamu besok pagi karena memang tidak ada apa-apa kan. Selama sebulan belakangan saya selalu sibuk dan hari-hari saya dipenuhi dengan kegiatan. Baru hari ini hari saya terlihat lenggang di kalender. Istri saya menyarankan bagi saya untuk bisa tidur lebih lama dan mengambil waktu untuk istirahat.


Tepati namanya sudah biasa, saya bangun di jam sama dan melakukan rutinitas yang sama. Yaitu setelah bangun karena alarm, biasanya saya tidur-tiduran lagi selama setengah jam sebelum akhirnya ke bawah untuk sarapan atau membereskan dapur. Lalu saya bertanya kepada diri saya sendiri, untuk apa sebenarnya alarm itu kalau memang saya bangun sebelum berbunyi dan akhirnya tidur lagi.


Seolah-olah alarm itu berguna, tetapi sebenarnya saya bisa saja bangun tepat di jam yang memang saya inginkan karena sudah terbiasa. Atau menyiapkan alarm saya setengah jam lebih lambat dari biasanya supaya tidak perlu ada jeda bangun sebentar di awal. Yang ada alarm tersebut menambah hal tidak berguna yang perlu saya lakukan setiap harinya, yaitu mematikannya sebelum saya tidur lagi sebentar. Entah mengapa saya tetap menggunakan alarm saya yang sama di setiap harinya walaupun saya tidak lagi membutuhkan atau menggunakannya.


Adakah hal-hal dalam diri kita yang sudah lama tidak kita gunakan atau tidak berguna tetapi masih tetap saja kita simpan?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua