• Irvan Irawan Jie

Mastering - Original


Ini pempek yang asil dan enak dari Palembang, kata istri saya. Ketika saya makan, rasanya enak, cukanya juga enak. Lalu lagi kata Istri saya, "Ini juga dari Palembang, cuma beda restoran saja." Oh, pikir saya, jadi dua-duanya asli dari Palembang. Sehingga mana yang lebih asli? Pemikiran saya jadi terpicu untuk memikirkan sesuatu yang asli. Apakah asli?


Kedua pempek ini dikatakan asli dari Palembang, karena memang dibeli di Palembang, dibuat di Palembang dan bahkan dibawa dari Palembang oleh adik teman saya. Jadi walaupun berbeda restoran, beda tipe dan juga beda rasa, keduanya tetaplah pempek asli Palembang. Ketika nanti ada yang menanyakan kepada saya pernahkah merasakan pempek Palembang asli, maka bagaimana saya menjawabnya?


Apakah ada salah satu yang lebih "asli" daripada yang lain? Kalau ada maka apa bedanya? kedua-duanya makanan, kedua-duanya enak dan kedua-duanya juga mahal. Kedua-duanya asli dari Palembang, kedua-duanya hanya dibuat dari dua tempat penjual yang berbeda. Penjual yang menjualnya pun asli orang Palembang. Bagi saya dua-duanya asli yang berbeda.


Terkadang kita berpikir siapa diri saya yang asli? Bisa jadi pikiran tersebut sama seperti memikirkan dua pempek yang berbeda tapi asli. Keaslian diri kita juga berbeda, asli sebagai seorang ayah berbeda dengan asli sebagai seorang pasangan suami atau istri. Asli saya sebagai seorang pemimpin juga berbeda dengan aslinya saya sebagai seorang pengikut. Yang mana yang asli? Keaslian tergantung sebuah konteks dimana kita berada.


Keaslian diri kita tergantung bagaimana kita bisa jujur atau tidak kepada diri sendiri, saat ini apa yang ingin saya katakan dan lakukan. Apabila perkataan dan perbuatan selaras dengan pikiran dan perasaan, maka bisa jadi yang kita keluarkan ini adalah yang asli. Walaupun berbeda dengan apa yang kita harapkan, inginkan atau yang orang lain harapkan atau inginkan. Sudahkah menjadi asli?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach


3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua