• Irvan Irawan Jie

Mastering - Orderliness


Setiap hari saya berdiri di sana, sambil berpikir, berstrategi dan juga melakukannya. Strategi penting yang perlu saya jalankan untuk memastikan semuanya benar, teratur, tertampung dan bisa sesuai dengan kebutuhan. Sambil saya berdiri, mata saya juga melihat ke sebelah kiri dan kanan. Memperhatikan keadaan di sekitar dan tempat dimana saya berada. Saya juga perlu memperhatikan apakah tempatnya masih cukup untuk saya bergerak dengan leluasa.


Perlahan satu per satu saya lakukan, mulai dari yang datar, besar, kecil, sampai yang melengkung. Bukan hanya bentuk yang berbeda tetapi juga tekstur dan temperaturnya. Ada yang masih panas dan ada yang sudah dingin. Satu per satu semuanya saya bersihkan, setelah dibersihkan lalu saya bilas, setelah di bilas saya taruh satu per satu dengan disusun rapi. Seandainya tidak tersusun rapi maka nantinya bisa mengakibatkan bencana dalam rumah tangga.


Bayangkan kalau piring-piring ini pecah dan tidak bisa digunakan, kami sekeluarga mau makan dengan apa? Belum lagi apabila istri marah dan beling berserakan membahayakan anak-anak. Sedangkan cucian piring ini begitu banyak. Perlu kemampuan seorang LEGO master dan pemain Tetris profesional untuk mengatur tumpukan piring, mangkuk, gelas kecil, gelas besar, panci kecil, panci besar, sendok, garpu, pisau kecil dan golok besar. Apabila tidak tertampung semuanya pun maka nantinya akan jadi lebih banyak lagi.


Keteraturan dalam melakukan sesuatu yang sederhana seperti mencuci piring saja akan membantu saya berpikir strategis. Bertindak dengan tetap memikirkan keadaan di sekitar. Melakukan sesuatu karena tujuan yang lebih besar bukan hanya sekedar piring-piring bersih, tetapi memberikan nilai tambah berupa cinta kepada keluarga. Ketika semua teratur dan tertata rapi maka akan lebih mudah nantinya dibereskan dan digunakan kembali.


Hal apa yang perlu dilakukan hari ini yang akan membantu kita untuk menjadi lebih baik? Lebih teratur? Lebih sadar? dan lebih cinta kepada orang-orang di sekitar kita?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua