• Irvan Irawan Jie

Mastering - Naration


Anak saya yang besar ulang tahun kemarin. Di hari ulang tahunnya, karena kecanggihan teknologi maka di lini masa media sosial saya ada foto-foto memori ulang tahun anak saya dimulai ketika saya mulai mengunggah foto-foto di kamera saya tahun sejak tahun 2015 lalu. Melihat foto-foto masa lalu, maka saya kembali bernostalgia kepada masa-masa itu. Setiap foto dan setiap masa ada ceritanya sendiri-sendiri.


Dalam melihat foto-foto itu juga, cerita-cerita masa lalu mulai bangkit kembali. Cerita-cerita yang saya alami berdasarkan lensa kebenaran pikiran saya sendiri. Cerita-cerita itu juga yang saya yakini benar dan terjadi, sehingga cerita-cerita tersebut menjadi kesimpulan dalam hidup saya. Karena cerita tersebut sudah menjadi kesimpulan, maka cerita tersebut menentukan bagaimana saya berkata-kata dan berperilaku.


Seandainya setiap dari kita ketika lahir digambarkan seperti sebuah kanvas kosong, maka cerita-cerita yang kita buat di dalam kanvas tersebut adalah pengalaman sehari-hari kita. Walaupun kita jarang sekali mengingat-ingat cerita-cerita yang benar-benar terjadi, tetapi kita akan tetap menggunakan kesimpulan dan keyakinan akan apa yang sudah terjadi. Kesimpulan dan keyakinan akan membentuk identitas diri, karakter dan sifat hidup kita.


Cerita apa yang sedang bermain dalam hidup kita selama ini? Apakah cerita-cerita yang sedang kita narasikan dalam diri kita saat ini adalah cerita-cerita yang membangun pengharapan? motivasi? inspirasi? memberdayakan atau sebaliknya? Cerita-cerita yang menjatuhkan? melemahkan? depresi? mengkhawatirkan? Cerita apa pun yang sedang terjadi di dalam pikiran kita, semuanya adalah benar menurut diri kita sendiri. Walaupun belum tentu kejadian dan kenyataannya seperti apa yang dipikirkan.


Sadar akan cerita yang sedang terjadi dalam diri kita dan mengambil kendali untuk mengelola narasi yang diceritakan kepada diri sendiri akan membantu kita untuk meyakini dan mengambil kesimpulan yang lebih baik untuk kebahagiaan masa depan kita.


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua