• Irvan Irawan Jie

Mastering - Mood


Sambil menguap anak saya yang kecil berkata, "Saya baca segini banyak?" lalu dia menguap besar. Setiap malam memang kami sekeluarga membaca kitab suci untuk anak-anak sebelum tidur. Karena anak saya yang kecil perlu belajar melancarkan membacanya maka tugas itu diberikan kepadanya. Jam sudah menunjukkan pukul sembilan lewat lima belas menit malam. Hari ini terlambat sedikit karena menunggui saya selesai memberikan pelatihan secara daring.


Tangan kecilnya menopang dagunya, dia mulai membaca dengan tidak ada semangatnya sambil sesekali menguap. Setiap kata menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk dibaca, terutama kata-kata yang panjang dan tidak sering didengarnya. Besok pagi dia masih perlu bangun pagi pukul tujuh kurang lima belas menit untuk persiapan sekolah daring. Semakin lama dia selesai membaca, semakin lama kami akan berdoa bersama dan akhirnya tidur.


Menguapnya semakin sering dan dilakukan hampir setiap setelah beberapa kata. Seolah-olah ingin menunjukkan kepada saya yang menungguinya bahwa dia sudah lelah dan tidak mau membaca lagi. Dengan penuh kasih sayang saya katakan kepadanya "Dek, fokus!" Melihat dan mendengar bahwa saya tidak akan memberikan alasan baginya untuk tidak membaca dia terdiam sejenak. Tiba-tiba dia langsung bangun dari tidurannya, tersenyum lebar, sambil berteriak "OK!!"


Dengan begitu moodnya langsung berubah, yang tadinya malas-malasan sekarang ada semangat dalam matanya, dia menatap tajam kitab suci anak-anak itu dan mulai membaca dengan lebih cepat dan lebih lancar. Tangannya tidak lagi menopang dagunya, walaupun dia masih tiduran tengkurap, tetapi gerak tubuhnya sudah berbeda dari sebelumnya. Dia pun tidak lagi menguap setiap beberapa kata, tetapi bisa dengan lebih fokus menyelesaikan bacaannya.


Perasaan hati akan menyebabkan tubuh bereaksi dan bergerak, begitu pula sebaliknya. Postur tubuh yang baik akan menyebabkan perasaan hati yang lebih baik. Sudahkah menjaga postur tubuh kita untuk siap menghadapi hari ini dengan penuh bahagia?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua