• Irvan Irawan Jie

Mastering - Misery


Pagi hari terbangun karena tidak bisa tidur dengan nyenyak. Dinginnya ruangan, hangatnya selimut dan nyamannya ranjang tidak dapat membantu untuk istirahat yang menenangkan. Pemikiran melayang kepada situasi dan keadaan saat ini dimana semua masih serba tidak jelas. Kekhawatiran tentang keadaan yang dialami masih terus melanda setiap malam. Begitu banyak hal yang bisa dipikirkan dan perasaan tidak berdaya menghadapinya.


Pernahkah merasakannya? Perasaan dimana kita merasa tidak berdaya? Merasa seolah-olah sedang diombang-ambingkan kehidupan yang sedang terjadi tepat di depan mata? Menderita karena memikirkan tentang konsekuensi-konsekuensi yang bisa terjadi dalam hidup di masa depan apabila keadaan tidak berubah dan membaik?


Penderitaan yang saya alami mala dan pagi ini semuanya adalah karena pikiran saya sendiri. Kenyataan di dunia dalam yang saya ciptakan karena melihat, mendengar dan merasakan apa yang terjadi di dunia luar. Masuk ke dalam melalui panca indera lalu diartikan sebagai sesuatu yang menakutkan dan menderita kan hidup saya di saat ini. Sesuatu yang terjadi ototmatis apabila tidak di kendalikan.


Sumber penderitaan hidup saat ini terjadi karena pikiran saya masih terdistorsi dan menggunakan pikiran anak-anak. Pemikiran yang perlu didewasakan seiring dengan usia, namun setiap kali ada tekanan saya kembali kepadanya. Saya mengeneralisasi bahwa apa yang akan saya alami akan terjadi sesuai dengan pemahaman saya. Saya memprediksikan bahwa saya akan melakukan sesuatu dengan tidak baik dan tidak mampu memperbaikinya.


Dengan pemikiran seperti ini tentu saja saya akan menderita, sampai saya sadar bahwa pemikiran ini tidak berguna dan saya mampu mengubahnya apabila saya menginginkannya. Celakanya terkadang saya lebih menikmati menderita daripada menghadapi ketakutan dan kekhawatiran saya. Apapun yang saya pikirkan hari ini tetap saja saya perlu menghadapi keadaan yang akan terjadi. Lebih baik memikirkan yang lebih berguna.


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

10 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua