• Irvan Irawan Jie

Mastering - Little Things


Dengan senang anak saya yang kecil mengajak ibunya untuk membuat sebuah proyek seni. Tahun lalu dia mendapatkan hadiah berupa lukisan yang dibuat dengan manik-manik kecil. Mengira bahwa proyek seni ini adalah hal yang mudah, maka istri saya mengiyakan untuk membuatnya bersama. Hal ini dimulai pukul satu siang, istri saya mengira bahwa pukul dua hal ini sudah selesai dan setelah itu bisa mengajak anak saya beristirahat siang.


Sampai pukul enam sore, proyek seni itu belum selesai juga walaupun istri dan anak saya sudah mengerjakannya bergantian. Ternyata begitu banyak manik-manik yang perlu di tempelkan secara tepat di lukisan tersebut. Lukisan burung kakatua yang memiliki warna-warni. Setiap warna di burung kakatua tersebut memiliki manik-manik yang berbeda warnanya pula. Belum lagi latar belakang merah muda dan luas, begitu luasnya sampai-sampai lima puluh persen manik-manik yang diberikan berwarna merah muda.


Manik-manik yang diberikan karena kecil maka perlu diambil dari tempatnya menggunakan pinset dan diletakkan dengan hati-hati di lukisan burung kakatua tersebut. Hal ini disebabkan karena di kertas lukisan tersebut sudah diberikan perekat sehingga manik-manik yang sudah ditempatkan akan menempel. Walaupun merepotkan tetapi ketika selesai, kebahagiaan yang didapatkan mereka berdua sepertinya cukup besar untuk melupakan jerih payah yang dilakukan dalam membuatnya.


Dalam hidup saya, terkadang saya juga banyak melakukan hal-hal kecil yang sepertinya tidak ada hasilnya. Sebenarnya yang terjadi bukan tidak ada hasilnya tetapi belum kelihatan hasilnya. Ketika saya terlalu fokus dengan hal-hal yang kecil saja, maka yang besar tidak terlihat. Tetapi sebaliknya apabila saya hanya melihat hasil dan hal besarnya saja, maka saya tidak menyangka begitu banyak hal kecil yang perlu dilakukan. Hal-hal kecil ada untuk menciptakan hal yang lebih besar.


Walaupun saat ini mengerjakan hal-hal kecil yang mungkin membosankan, tetapi hasil besar tidak dapat dinikmati tanpa mengerjakan hal yang kecil. Sudahkah menyeimbangkan antara mengerjakan hal yang kecil dan membayangkan hal besar yang akan didapatkan?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua