• Irvan Irawan Jie

Mastering - Legacy


Presiden yang lama sudah meninggalkan kediamannya dengan helikopter ke lapangan udara militer untuk selanjutnya pergi ke tempat tinggal barunya. Biasanya presiden lama akan menyambut presiden yang baru di halaman kantornya, minum teh bersama lalu mengajak presiden baru berkeliling untuk diperkenalkan dan melihat kantor sekaligus tempat tinggalnya. Istri presiden juga diharapkan melakukan hal yang sama dengan istri presiden baru. Ini adalah sebuah budaya dan kebiasaan yang sudah dilakukan ratusan tahun di Amerika Serikat.


Kemarin saya menonton pelantikan presiden baru Amerika Serikat, presiden yang lama menyudahi masa jabatannya setelah baru menjabat satu termin saja. Dari empat puluh enam Presiden Amerika Serikat, ini presiden ke enam yang tidak bisa kembali menjabat di termin kedua. Bahkan presiden yang lama ini masuk dalam sejarah sebagai presiden yang dimakzulkan dua kali, hanya sembilan hari sebelum masa jabatannya berakhir. Satu-satunya presiden yang dituduh membangkitkan pemberontakan dan menyuruh pengikutnya untuk menyerang gedung pemerintahan.


Tanpa saya menyebutkan nama, saya hampir pasti bahwa teman-teman yang membaca tahu siapa presiden yang saya maksudkan. Presiden tersebut dikenal bukan hanya namanya, tetapi juga kata-kata dan perilakunya. Walaupun setiap perilaku dilakukan dengan maksud dan niat baik, ketika kita tidak dapat mengerti maksudnya, maka yang bisa dinilai oleh orang lain adalah perilakunya. Ingatan akan perilaku presiden yang lama tersebut akan dibantu oleh sejarah yang mencatatnya.


Harimau mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama. Peribahasa yang artinya bahwa setiap dari kita akan meninggalkan sebuah kenangan di benak orang lain ketika seorang manusia sudah tidak lagi ada di dunia ini. Walaupun mungkin kita bukanlah seorang presiden, dalam lingkup hidup kita tetap akan ada orang-orang yang mengingat perilaku kita setelah kita sudah tidak ada di dunia ini.


Sudahkah kita menjaga pikiran, perasaan, kata-kata dan perilaku dengan baik sehingga apa yang kita tinggalkan di dunia ini adalah hal-hal baik yang memang layak dan patut diingat karena kebergunaannya? Apa yang kita lakukan di dunia ini akan selalu terpatri dalam hati orang-orang di sekitar kita.


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

NeuroSemantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua