• Irvan Irawan Jie

Mastering - Laundry



Beberapa pakaian kotor sudah berada di wastafel hotel. Saluran pembuangan sudah ditutup dan air panas juga sudah mulai dialirkan. Saatnya saya mencuci pakaian saya selama beberapa hari di sini. Biasanya ketika saya berada di Bali, mencuci pakaian saya serahkan kepada para pencuci pakaian kiloan yang ada di dekat hotel. Tetapi selama beberapa hari saya di sini, saya tidak dapat menemukannya. Kalaupun saya menemukan, saya tidak cukup yakin dan percaya dengan protokol kesehatan mereka.


Oleh karena itu saya memutuskan untuk mencuci pakaian saya sendiri selama saya berada di sini. Dua tahun lalu di hotel ini ada tempat mencuci pakaian menggunakan koin, tetapi kali ini bagian dari hotel ini tempat mencuci pakaian sudah tidak beroperasi. Pilihan terbaik adalah membeli detergen dan mencucinya di kamar sendiri. Pakaian saya tidak terlalu kotor, saya mencucinya hanya untuk menjaga kebersihan ketika saya sudah keluar dari kamar hotel. Plus mencuci juga menjadi seperti olahraga bagi saya.


Selain alasan kesehatan dan kebersihan, mencuci pakaian juga akan memudahkan saya untuk lebih sering mengganti pakaian setelah saya kembali ke kamar dari luar ruangan. Ini semua pemikiran intelektualnya, alasan lainnya adalah saya khawatir baju saya tidak cukup untuk sebelas hari di sini. Ketika saya mempersiapkan baju yang mau saya bawa, saya mengeluarkan tiga buah baju dengan alasan berat. Padahal istri saya sudah mewanti-wanti saya untuk membawa lebih banyak dari yang saya perlukan.


Terkadang dalam hidup, saya juga menyadari bahwa saya perlu melakukan pencucian terhadap hal-hal yang mungkin sudah mengotori pemikiran saya. Hal-hal yang mungkin tidak terlalu kotor tapi tidak baik untuk kesehatan jiwa saya. Sama halnya dengan baju-baju saya, kadang saya perlu sesekali memeriksa dan mencucinya untuk menjadikan pemikiran saya lebih baik lagi di masa yang akan datang. Apalagi untuk urusan dengan istri saya, jangan sampai dia perlu sampai mewanti-wanti untuk saya segera mencuci pikiran saya.


Sudahkah mengecek daftar pikiran-pikiran yang mungkin perlu dicuci bersih untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang mungkin tanpa sadar selama ini kita gunakan?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua