• Irvan Irawan Jie

Mastering - Ignorance


Kemarin adalah masa terberat selama masa isoman, mbak yang biasa datang untuk membantu kami membersihkan rumah dan mencuci baju tidak hadir. Sehingga hampir seluruh tugasnya kecuali mencuci dan menyetrika saya yang kerjakan. Membersihkan rumah di sela-sela tugas dua sesi coaching di pagi dan malam. Menyapu dan mengepel lantai, belum lagi menyiapkan, memasak dan mencuci piring seharian.


Setelah sore, semua sampah perlu dikeluarkan dan dibuang ke tempat sampah yang ada di dekat rumah. Sudah sejak lama kami tidak menggunakan jasa pengangkut sampah di komplek kami, karena setiap harinya kami was-was apakah dia akan datang dan mengambil sampah atau tidak. Belum lagi pungutan biaya liar yang dimintanya setiap bulan, tanpa ada nilai tambah yang diberikannya.


Yang berat bukan pekerjaan rumahnya, yang membuat saya berat hati adalah ketika saya membuang sampah di sore hari, saya melihat teman anak saya dan mamanya yang menularkan Covid kepada anak saya sedang asyik bermain sepeda berduaan. Sedangkan kami yang anaknya menjadi korban masih isolasi mandiri setidaknya seminggu lagi. Pertanyaan dalam hati saya adalah apakah mereka secepat itu sembuh dari Covid sehingga bisa bermain sepeda keliling komplek berdua? Apakah mereka ada interaksi dengan orang lain selama bersepeda?


Berat dalam hati saya karena ada perasaan kesal, marah dan tidak percaya ada orang yang memiliki rasa tidak peduli terhadap lingkungannya. Bisa saja ini karena ekspektasi, harapan dan penghakiman saya. Mungkin saja mereka sebenarnya tidak sakit dan anak saya terkena dari orang lain. Sungguh itu yang saya harapkan, karena sangat berbahaya apabila benar mereka masih dalam tahap pemulihan tetapi sudah bersepeda keliling komplek atas nama olahraga apalagi atas nama bermain.


Sudahkah memperhatikan lingkungan sekitar kita? Dampak apa yang kita berikan kepada lingkungan, apakah dampak yang berguna atau sebaliknya?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua