• Irvan Irawan Jie

Mastering - Help


Setiap kue kering sudah dicetak, dipanggang, dihias dan dikeringkan. Sekarang saatnya memasukan mereka semua ke plastik masing-masing. Jam sudah menunjukkan pukul delapan malam. Tujuh jam bekerja non-stop untuk menyelesaikan pesanan kue untuk hari Jumat. Setengah sembilan semua kue sudah masuk ke plastiknya masing-masing dan saatnya disegel dengan mesin penyegel plastik.


Lima kue pertama berhasil di segel dengan baik, hanya ada satu plastik yang putus karena terlalu panas besi penyegelnya. Yang keenam tidak ada tanda-tanda panas di mesin penyegelnya. Saya dan istri berdua mencari-cari apa yang salah dengan mesin ini, istri mencabut kabel listriknya, sedangkan saya membuka mesinnya. Saya mencoba untuk membersihkan mesin tersebut, karena terakhir kali kejadian seperti itu besinya hanya kotor dan ketika dibersihkan bisa digunakan kembali.


Dengan harap-harap cemas, istri mencoba untuk mencolok kembali mesin penyegelnya. Setelah ditunggu beberapa lama, ternyata mesin itu tetap saja tidak dapat menyegel. Mesin yang sudah lima tahun menemani kami setiap kali ada pemesanan kue kering ini sudah tidak dapat lagi digunakan. Seandainya malam ini tidak disegel, maka pekerjaan dari siang akan sia-sia karena kuenya akan menjadi lembek dan tidak garing lagi.


Saya langsung mencari solusi dengan mencari tempat plastik yang kedap udara sehingga kuenya bisa bertahan setidaknya sampai besok hari sampai mesinnya diperbaiki. Istri langsung menurunkan dua toples plastik besar dari lemari penyimpanan. Setelah diturunkan, lalu istri berinisiatif untuk bertanya kepada adik perempuan saya, karena dia juga pernah berjualan kue. Siapa tahu dia memiliki mesin penyegel plastik yang sedang tidak digunakan. Benar saja, ternyata adik saya punya dan sedang tidak dipakai.


Jadilah saya mengambilnya malam-malam untuk menyelesaikan pekerjaan kue saya dan istri. Terkadang dalam masalah, kita berusaha untuk menyelesaikan masalah sendiri dan cemas sendiri. Bukan juga hal yang salah, karena memang kita memiliki sumber daya. Kalau itu sudah dilakukan, mungkin saja ada orang-orang di sekitar kita yang dapat membantu kita menyelesaikan masalah itu dengan cepat dan efektif. Sudahkah menggunakan sumber daya eksternal yang ada di sekitar kita?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

9 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua