• Irvan Irawan Jie

Mastering - Growth


Ikan patin di rumah saya sudah berumur kurang lebih sepuluh tahun. Seingat saya, kami mendapatkan dua ekor ikan patin tersebut ketika anak saya berumur satu tahun dan kami baru saja pindah ke rumah kami yang saat ini. Selama sepuluh tahun tersebut kedua ikan patin itu bertumbuh menjadi ikan patin yang sehat dan besar. Saat ini keduanya sudah sebesar dan sepanjang tangan saya.


Sedari kecilnya mereka tinggal di kolam ikan di taman belakang rumah saya. Saya juga tidak pernah menyangka bahwa mereka akan bisa hidup sepanjang dan sebesar seperti sekarang. Bahkan ketika kami pergi keluar kota selama seminggu untuk berlibur pun, mereka dapat bertahan hidup tanpa pancuran dan tanpa makanan. Sebelum dua ikan patin ini, ikan-ikan hias kami biasa akan mati apabila kami pergi keluar kota beberapa hari saja.


Kolam ikan kami sebesar satu setengah meter kali satu setengah meter, tentu terasa kecil bagi ikan-ikan patin tersebut. Mereka seperti raksasa di tengah-tengah kolam, ikan-ikan baru pun tidak akan selamat apabila saya taruh di dalam kolam bersama dengan mereka. Inilah mengapa saya menaruh ikan mas kecil punya anak saya di kolam terpisah. Seumur hidupnya ikan patin ini hanya tahu berenang berputar-putar di kolam kecil saya itu.


Terkadang saya merasa nyaman berada di kolam kecil kehidupan saya, karena saya sudah merasa cukup besar untuk berada di sana. Tidak ada yang dapat membahayakan saya dan saya merasa aman dan nyaman. Walaupun ada ikan-ikan besar juga di kolam yang sama, tetapi saya tahu bahwa ikan-ikan besar itu tidak dapat menyakiti atau mencelakai saya. Walaupun begitu, akhirnya saya tidak dapat lagi secara nyata bertumbuh karena kolamnya begitu-begitu saja.


Untuk bisa keluar dari zona nyaman kolam kecil, maka dibutuhkan kompetensi baru. Kompetensi apa yang perlu kita miliki untuk bisa menjadi seseorang yang lebih baik dan layak masuk ke kolam kehidupan yang lebih besar?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua