• Irvan Irawan Jie

Mastering - Giving


Tradisi menukar dan saling memberikan hadiah biasa dilakukan dari tahun ke tahun di hari Natal. Sayangnya tahun ini tidak dapat dilakukan untuk memenuhi peraturan protokol kesehatan yang sedang berlaku di liburan natal dan tahun baru tahun ini. Sehingga akhirnya saling memberi hadiah hanya dilakukan di keluarga inti saja.


Begitu bangun tidur di pagi hari, anak-anak langsung turun ke bawah untuk mencari hadiah mereka. Hadiah yang sudah dipajang di bawah pohon Natal sejak awal bulan. Anak-anak saling memberikan hadiah baik kepada sesama maupun kepada orang tuanya. Tanpa ragu mereka membuka hadiah-hadiah yang sudah terbungkus rapi. Tanpa memedulikan siapa, kapan dan bagaimana hadiah itu dibungkus, mereka ingin mengetahui isi dari hadiahnya. Apa yang akan mereka dapatkan dan bagaimana mereka dapat menggunakannya.


Ketika mereka nanti beranjak dewasa, mereka akan belajar bahwa bukan hanya hadiahnya saja yang penting, tetapi juga pemberinya. Hadiah tidak akan datang dengan sendirinya tanpa ada yang memikirkan, membeli, membungkus dan menaruhnya di bawah pohon Natal. Lebih penting dari hadiah yang diberikan adalah pemberinya. Harapan saya adalah mereka bukan hanya sebagai penerima hadiah, tetapi juga menjadi seorang pemberi hadiah.


Menerima sebuah hadiah memang menyenangkan, tetapi menjadi seorang pemberi akan lebih membahagiakan. Memberi bukan hanya untuk hal-hal materi, tetapi juga waktu, kemampuan, kebaikan, dan sumber daya yang dimiliki oleh seseorang. Seorang pemberi akan mengalami kebahagiaan ganda, yang pertama adalah perasaan senang karena sudah melakukan sesuatu yang baik dan yang kedua adalah ketika melihat penerimanya juga bahagia atas hadiah yang diberikan.


Hal apa yang dapat diberikan hari ini untuk dapat menambah kebahagiaan bukan hanya bagi diri sendiri tetapi juga bagi orang-orang di sekitar kita?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach


6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua