• Irvan Irawan Jie

Mastering - Energy


Air sudah mengalir deras, bunyinya sudah benar walaupun lemah, tetapi airnya tidak hangat-hangat. Pemanas air di rumah saya tidaklah berfungsi dengan baik. Pemantiknya berusaha untuk menyalakan api, tetapi yang terjadi apinya tidaklah menyala-nyala. Tebakan pertama saya adalah pasokan gas habis dan perlu diganti. Seketika juga saya memakai baju kembali dan keluar dari kamar mandi. Masih untung ingat memakai baju kembali, karena ternyata istri sedang video call di meja belajar yang berseberangan dengan kamar mandi.


Sesampainya di luar kamar mandi, saya langsung menuju ke tempat penyimpanan gas di lantai bawah dan mengecek apakah saya masih punya cadangan gas yang bisa dipakai. Setelah memastikan cadangan tabung gas baru masih ada, saya lalu naik kembali dan mengeluarkan tabung gas yang sedang digunakan untuk pemanas air. Ternyata setelah saya cek di dalam tabung gas itu masih ada isinya.


Setelah tabung gas dipasang kembali dan dimasukkan kembali ke tempatnya, berikutnya saya kembali ke kamar mandi dan mengecek pemanas airnya. Apa yang menyebabkan pemanas air ini tidak berfungsi. Tekanan air sudah baik, tabung gas masih ada isinya, berikutnya yang saya cek adalah baterai untuk pemantiknya. Kalau sampai baterai nya masih bagus tetapi masih tidak menyala juga, maka saya perlu memanggil orang untuk memperbaiki pemanas air di rumah.


Ternyata benar, baterainya yang perlu diganti dengan yang baru. Terkadang dalam mengerjakan suatu hal entah itu pekerjaan atau apa pun, kita sedang bekerja dengan baterai yang kurang optimal. Bisa jadi karena sibuk dan begitu banyaknya pekerjaan yang perlu dikerjakan, bisa juga karena kurangnya tidur, olahraga, makan atau karena hal-hal lainnya. Apa pun penyebabnya, mungkin untuk bisa optimal kembali, kita perlu mengecas "baterai" energi dalam diri kita sebelum kembali beraktivitas.


Tanpa energi yang optimal, apa pun yang dikerjakan juga tidak akan optimal. Rehat sejenak, memulihkan energi akan membantu kita menjadi lebih optimal dan efisien dalam jangka panjang. Sudahkah menjaga level energi sehari-hari agar tetap optimal dalam melakukan yang perlu dilakukan?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua