• Irvan Irawan Jie

Mastering - Doors


Sebuah pintu memiliki sebuah fungsi untuk sebagai tempat masuk atau keluarnya seseorang dari sebuah ruangan, dari satu tempat masuk ke tempat lainnya. Pintu di desain sedemikian rupa untuk bisa digunakan oleh setiap orang. Untuk membuka sebuah pintu bisa didorong, ditarik atau yang bisa keduanya. Untuk mendesain sebuah pintu saja, seorang pembuat pintu perlu menyadari bagaimana seseorang akan menggunakan pintunya.


Pintu yang perlu didorong tidak bisa ditarik dan sebaliknya, tentu kecuali pintu yang bisa keduanya. Untuk pintu yang desainnya buruk, saya terkadang tidak tahu saya perlu menarik atau mendorongnya seandainya tidak ada tandanya. Bahkan pintu yang ada tandanya saja terkadang saya masih menemukan orang yang melakukan sebaliknya. Apa yang terjadi ketika saya mendorong pintu yang perlu ditarik atau sebaliknya?


Biasanya pertama kali saya terkejut karena saya berharap pintu itu segera terbuka. Kedua baru menyadari betapa bodohnya saya atau orang yang membuat pintu tersebut. Bahkan beberapa kali saya juga ditertawakan oleh anak-anak saya apabila saya salah membuka pintu. Beruntungnya saya, ini hanyalah sebuah pintu, apabila tidak berhasil maka tinggal di coba lagi dengan cara yang lainnya.


Bagaimana apabila pintu ini adalah penghalang hidup kita? Bagaimana apabila pintu ini adalah yang pintu yang perlu dilewati untuk melanjutkan perjalanan hidup kita ke masa depan? Pernahkah merasa bahwa pintu di hidup kita sedang tertutup? Insting pertama kita adalah langsung mendorongnya sekuat tenaga dan berharap pintu itu segera terbuka. Namun terkadang itu tidak terjadi.


Mungkin saja pintu yang menghalangi kita adalah pintu yang perlu ditarik. Pintu yang perlu ditarik memerlukan kita untuk mundur selangkah sebelum membuka pintu baru kita bisa melanjutkan perjalanan kita. Bagaimana apabila pintu halangan hidup kita saat ini memerlukan kita untuk mundur sejenak, menyadari dan mengevaluasi pilihan, baru setelah itu kita mencoba untuk membukanya?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua