• Irvan Irawan Jie

Mastering - Distraction


Air mengalir sampai jauh, walaupun akhirnya sampai ke laut. Sebelum sampai ke laut air akan melewati berbagai macam jalur air yang sudah disiapkan baik oleh alam ataupun buatan manusia. Air mengalir ke arah yang sama, dataran yang lebih rendah, kecuali karena ada bantuan peralatan buatan manusia. Semua saluran air yang ada akan mengalirkan air bersama-sama untuk mencapai satu tujuan.


Di sebuah aliran air yang tertahan oleh kotoran atau salurannya tidak jelas, maka air tidak akan mengalir kemana-mana. Air akan diam saja di sana dan akhirnya menjadi kotor, berbau dan penuh dengan bakteri. Selama air itu tidak bisa dialirkan kemana-mana, saluran air yang mengalir kesana akan tetap menambahkan air lainnya. Hanya ketika airnya sudah melewati batas tertentu dan tempat itu sudah tidak bisa menampungnya, barulah air itu akan sedikit-demi sedikit mengalir.


Kubangan air yang tidak mengalir, tidak baik bukan hanya kehidupan di tempat itu saja tetapi juga akhirnya bisa menyebabkan dampak bagi tempat lainnya. Apabila meluap maka bisa menjadi banjir, apabila tempat lain butuh air sedangkan airnya tertahan maka tempat lain menjadi kekeringan. Apabila kubangan itu memiliki penahan dan penahannya akhirnya gagal, maka aliran air deras akan menghancurkan apa pun di jalur pembuangannya.


Sama halnya dengan pemikiran kita, apabila pemikiran kita penuh dengan selingan dan gangguan dan akhirnya menjadi penuh sendiri, maka kita memiliki kecenderungan untuk merasa terhambat. Apabila terus ditambah dengan selingan lain akhirnya akan menjadi penuh dan ada potensi untuk bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan. Belum lagi kalau pemikiran-pemikirannya tidak berguna dan akhirnya menjadi racun bagi diri sendiri.


Apa yang perlu dilakukan dalam pikiran kita untuk bisa membersihkan salurannya, sehingga fokus kita dalam mencapai kebahagiaan tidak terganggu dengan selingan-selingan yang tidak memberdayakan?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

4 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua