• Irvan Irawan Jie

Mastering - Cycle


Istri saya sedang berkomitmen untuk berjalan pagi setiap hari. Tetapi kemarin dia tidak jalan pagi karena di pagi hari hujan terjadi di rumah kami. Sehingga akhirnya dia memutuskan untuk berjalan sore hari. Siang harinya dia gunakan untuk membuat kue kering pesanan teman-teman untuk Natal. Sepanjang hari hujan dan panas silih berganti terjadi.


Sampai akhirnya sore hari sudah datang dan tepat ketika dia berhenti sejenak dari membuat kue dan bersiap untuk jalan. Di dalam penglihatan dan pikirannya, matahari bersinar dengan cerah walaupun ada mendung sedikit. Namun penglihatan akan matahari bukan berarti hujan tidak bisa turun. Setelah bersiap-siap untuk berjalan, akhirnya hujan pun turun.


Alhasil seharian kemarin dia tidak jadi berjalan dan memilih untuk menyelesaikan kue-kue kering pesanannya sampai malam hari. Walaupun istri saya adalah orang yang sangat terencana, tetapi apa daya rencananya dikalahkan oleh alam yang tidak dapat diaturnya. Rencana awal untuk berjalan akhirnya digantikan dengan rencana yang sama-sama produktif, membuat kue kering.


Siklus panas dan hujan terjadi setiap tahun. Di bulan Desember ini siklus panas dan hujan bahkan bisa terjadi setiap hari. Setahu saya tidak ada seorang pun yang dapat mengendalikan siklus panas dan hujan setiap harinya. Walaupun ada prakiraan cuaca, tetapi bukanlah sebuah kepastian. Setiap dari kita bisa berencana, tetapi akan ada siklus-siklus lain yang bekerja dalam hidup kita.


Yang dapat dilakukan adalah menerima siklus tersebut dan menjadi fleksibel dalam perencanaan kita. Pilihan untuk tetap menjadi produktif atau menjadi korban atas siklus alam tersebut adanya di dalam tanggung jawab diri kita sendiri.


To your highest and happiest self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach


5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua