• Irvan Irawan Jie

Mastering - Consistency


Sore hari tanggal 7 Maret 2020 pada saat istirahat dari kelas Neuro-Semantics, pakde Prie G.S. baru saja datang mengunjungi kami. Beliau datang dari Semarang dengan tujuan menghadiri pernikahan putri dari seorang Motivator terkenal di Indonesia. Sebelum berangkat menuju pesta pernikahan tersebut, beliau datang ke Rotella, tempat dimana saya dan om Pras mengajar. Di gebyok pekarangan rumah om Pras, pakde Prie duduk santai sambil meminum teh hangat favoritnya.


Saya datang menghampiri dan duduk di sebelahnya, sambil dengan bangga menunjukkan sampul depan buku elektronik yang mau saya berikan gratis kepada para peserta pelatihan saya. Sebelum melihatnya beliau memberikan saya wejangan ini. "Van, kepintaran ilmu akan dikalahkan oleh satu hal, konsistensi." Beliau mengatakan ini dalam kaitan latihan saya untuk menulis setiap hari. Hari ini adalah tepat satu tahun dimana saya menuliskan sebuah tulisan setiap hari. Setiap hari pula tulisan itu saya bagikan di grup-grup whatsapp dan Facebook saya.


Perkataan pakde Prie ini lah yang menguatkan tekad saya untuk konsisten menulis setiap hari. Percuma apabila saya memiliki ilmu tetapi tidak dilatih. Sama halnya dengan kemampuan lainnya, walaupun saya dalam tahap mahir, tetapi tanpa dilatih ilmu tersebut akan memudar dan berkurang kemampuannya. Tidak ada orang yang langsung mahir dalam sebuah kemampuan, untuk mahir setiap orang perlu berlatih dengan konsisten. Setelah mahir pun sama, konsistensi berperan penting.


Menjadi konsisten membutuhkan bukan hanya tekad yang kuat, tetapi juga kejelasan tujuan mengapa saya perlu melakukannya. Tanpa tujuan jelas, tekad bisa pudar, punya tujuan jelas tanpa tekad maka hanya akan menjadi mimpi belaka. Menjadi konsisten juga memerlukan aksi yang nyata. Tekad dan tujuan tanpa dilakukan juga tidak akan menjadi nyata di dunia luar. Aksi akan mencerminkan tekad dan tujuan yang ada di dalam ruang dalam seseorang.


Sudahkah kita menjadi konsisten dalam melatih apa pun yang perlu kita lakukan untuk mencapai tujuan-tujuan yang penting dalam hidup kita? Ilmu saja tidak penting, yang lebih penting dari ilmu adalah konsistensi.


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach


10 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua