• Irvan Irawan Jie

Mastering - Conditions


Sudah tiga minggu saya berada di rumah saja dan tidak kemana-mana. Sama seperti semua yang bekerja di rumah, otomatis semua pekerjaan tergantung dari Internet yang ada di rumah saya. Walaupun Internet di rumah saya cukup baik, terkadang tentu akan ada masalah. Sayangnya masalah itu biasanya terjadi di waktu yang tidak tepat. Entah anak lagi belajar secara daring atau ketika saya ditengah-tengah sesi coaching atau mengajar.


Kemarin kejadian lagi, di tengah-tengah sebuah sesi dengan seorang klien, hujan deras mulai terdengar dari jendela yang ada di belakang saya. Ketika hujan sudah datang, maka ada kemungkinan Internet bisa bermasalah. Entah apa hubungannya tetapi saya meyakini ada hubungan dan korelasi yang cukup kuat antara hujan deras yang berkesinambungan dengan kualitas Internet yang ada di rumah saya.


Bisa saja karena kabel-kabel fiber optik yang digunakan ada yang di bawah permukaan tanah dan di dalam gorong-gorong. Mungkin, karena air yang melalui gorong-gorong itu banyak dan akhirnya ikut merendam kabel yang ada. Ditambah dengan adanya binatang yang ada di gorong-gorong tersebut, bisa saja kabelnya rusak dan akhirnya kualitas Internet melalui kabel fiber optik saya terganggu. Walau begitu, pekerjaan tetaplah perlu dilakukan.


Hal-hal yang terjadi ketika saya sedang mengerjakan sesuatu bisa saja diluar kendali saya. Namun bukan berarti saya perlu menyerah dan akhirnya tidak bekerja. Walaupun apa yang di luar kendali saya, keadaan itu tentu akan mempengaruhi saya baik saya sukai atau tidak. Bahkan ketika saya sudah berusaha memperbaiki dengan menggunakan Internet melalui telepon seluler saya, mungkin saja penyedia layanan telepon seluler saya juga mengalami gangguan yang sama. Tetap tidak mengubah kenyataan bahwa saya perlu bekerja.


Yang terjadi di luar kendali kita hanya bisa dihadapi. Keadaan adalah sebuah keadaan, apa yang terjadi sudah terjadi. Untuk bisa lebih berdaya, bagaimana kita akan menghadapinya?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua