• Irvan Irawan Jie

Mastering - Coloring


"Kenapa gulali warnanya biru?" tanya anak saya kepada saya kemarin malam. Dia baru saja dibelikan seplastik gulali oleh kakeknya. Menurut kakeknya, anak saya yang kecil pandai mengambil hatinya sehingga kemarin waktu berjalan-jalan dia mendapatkan banyak hal dari kakek neneknya. Salah satunya adalah gulali bertingkat yang besar.


Gulali kapas itu sangat besar dan di dalamnya ada tiga gumpalan besar yang membentuk sebuah karakter lucu yang terbuat dari gula kapas. Gulali kapas yang tengah yang paling besar berwarna biru sedangkan dua yang kecil berwarna merah muda. Awalnya dia hanya memakan yang kecil yang berwarna merah muda dan tidak menanyakan apa-apa. Hanya ketika dia memakan yang biru dia bertanya. Entah diskriminasi apa yang dimiliki anak saya terhadap warna biru.


Untuk menjelaskannya saya pun perlu memberikan dia video bagaimana gulali kapas itu dibuat. Pertama butiran gula yang dimasukkan ke mesinnya perlu yang berwarna biru untuk bisa menciptakan gulali kapas warna biru. Begitu pula dengan yang berwarna merah muda. Namun dia menanyakan kembali bagaimana gula bisa ada yang berwarna biru, karena dia tahu gula berwarna putih. Saya pun perlu akhirnya menjelaskan pewarna makanan yang biasa digunakan oleh ibunya juga untuk membuat kue.


Dalam kehidupan kita, warna pemikiran kita akan terkristalisasi dalam cara kita memahami apa yang terjadi. Sehingga perilaku kita pun akan juga ikut terwarnai oleh pemikiran kita. Yang masuk ke dalam pikiran kita akan menjadi referensi bagaimana kita berkata-kata dan berperilaku. Apabila yang masuk sesuatu yang berguna dan berdaya maka kata-kata dan perilaku kita pun akan juga menjadi berdaya dan juga sebaliknya.


Sudahkah menjaga warna pikiran kita sehari-hari agar kata-kata dan perilaku kita menciptakan warna-warni pelangi yang indah dan penuh dengan kebahagiaan?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua