• Irvan Irawan Jie

Mastering - Collaboration


Saya sungguh beruntung bisa mengajar bersama dengan teman. Ada masa dimana saya mengajar sendirian untuk materi yang sama. Karena saat itu dibagi-bagi harinya dan tidak dijalankan selama sebelas hari penuh, maka saat itu masih lebih mudah. Saya tidak dapat membayangkan mengajarkan materi selama sebelas hari sendirian tanpa partner. Minggu lalu saja ketika saya mengajar selama lima hari berdua, saya sudah kehilangan suara saya.


Berkolaborasi adalah salah satu sikap yang sangat dipentingkan dalam komunitas Neuro-Semantics. Kami saling bahu membahu dan membantu satu sama lainnya dalam berbagai hal. Perkataan tentang kolaborasi yang sering dikatakan guru saya adalah kita dapat melakukan lebih banyak hal bersama-sama daripada sendirian atau terpisah. Bersama-sama maka kita dapat menggabungkan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing individu untuk mencapai tujuan bersama.


Salah satu penghalang yang saya lihat, dengar dan rasakan di komunitas lain adalah ketika ada yang bekerja sama, akhirnya tidak bisa berjalan lama. Hal ini bisa jadi disebabkan karena tidak adanya satu visi misi dan juga prinsip-prinsip penting yang dijunjung bersama. Saya juga pernah bubar dalam sebuah kerja sama karena sama-sama mementingkan kekurangan apa yang bisa dipenuhi oleh pihak lainnya. Dengan kata lain, saat itu mental saya masih mental berkekurangan.


Bekerja sama bersama diperlukan mental yang saling memberi nilai lebih kepada rekan kita. Baik itu dalam bisnis, komunitas atau bahkan dalam kehidupan rumah tangga. Dengan adanya satu visi, misi dan prinsip penting yang dijunjung bersama,, maka memberikan sumber daya yang saya miliki akan menjadi lebih mudah. Walaupun ada perbedaan di tingkat individu, tetapi setidaknya kita tahu bahwa bersama-sama saya dan rekan memiliki tujuan besar yang sama.


Kolaborasi apa yang akan ditingkatkan dalam hidup kita untuk mempercepat pencapaian tujuan bersama dan individu yang membahagiakan?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua