• Irvan Irawan Jie

Mastering - Clarity


Ikan mas peliharaan anak saya masih hidup sampai sekarang, sudah delapan bulan sejak kami menerimanya. Dari enam ikan mas ada dua yang masih bertahan sampai sekarang. Empat yang tidak bertahan menurut anak saya yang kecil sudah masuk ke surganya ikan. Dua yang bertahan kami jaga setiap hari dengan memberi makan dan mengganti air di bak tempatnya hidup.


Terkadang bukan saya yang memberi makan ikan-ikan tersebut. Selain saya, anak, istri, mertua dan mbak di rumah juga memberi makan mereka. Kemarin saya melihat bahwa makanan yang diberikan kepada ikan-ikan mas kecil tersebut adalah makanan untuk ikan patin saya yang besarnya sudah lebih dari lima puluh centimeter. Makanan ikan untuk ikan mas adalah yang kecil-kecil sedangkan di bak mereka banyak sekali sisa makanan besar yang tidak larut.


Karena makanan ikan yang diberikan di bak kecil itu adalah makanan yang besar, maka ikan-ikan mas itu tidak dapat memakannya dengan sempurna. Sisa makanan mengapung dan mengotori air dari seluruh bak kecil tersebut. Airnya menjadi keruh dan sepertinya ikan-ikan mas itu menjadi tidak selincah biasanya. Setelah baknya dibersihkan dan airnya diganti dengan yang baru, baru saya melihat ikan-ikan kecil tersebut aktif kembali.


Di dalam kehidupan saya, terkadang pemikiran saya juga menjadi keruh karena saya tidak menjaga makanan yang masuk ke dalam pikiran saya. Saya menjadi khawatir, takut dan tidak dapat dengan aktif mengejar tujuan saya karena sepertinya pemikiran saya menekan saya sehingga saya merasa sesak dan tidak dapat bergerak. Sama seperti ikan-ikan mas tersebut, saya tidak dapat mengendalikan siapa dan apa yang memasukan makanan ke dalam lingkungan kehidupan saya. Untungnya saya bukan ikan yang tidak dapat membersihkan pemikirannya sendiri.


Sudahkah menjaga kebersihan pikiran sendiri dan juga membersihkan lingkungan sekitar agar diri kita dapat melihat dengan jernih dan aktif mencapai tujuan kebahagiaan kita?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua