Mastering - Circle


Dua hari kemarin, Mindset Merdeka Festival 2020 berlangsung. Diprakarsai oleh Bro Sunil Tolani, Mindset Merdeka dan Uplift Project. Pada saat puncak-puncaknya lebih dari 170 orang berada dalam grup Zoom dimana ada 17 pembicara dan 8 moderator mensharingkan materi. Mulai dari bidang Entrepreneurship, Menjadi Youtuber, Digital Mindset, Branding, sampai ke Emosi. Saya sangat bersyukur bahwa saya bisa berada dalam grup yang memiliki ruh yang sama untuk memberdayakan manusia Indonesia.


Setiap dari para pembicara, memiliki cara pandangnya masing-masing yang saling melengkapi, saling mengasah satu sama lainnya dan memberikan tips dan trik praktis yang dapat dilakukan oleh setiap peserta untuk menjadikan hidup mereka lebih baik. Setiap pembicara berbicara dari kebenaran dan hatinya masing-masing. Membagikan pengalaman dan pembelajaran dalam hidup kepada orang banyak.


Di situ saya melihat bahwa orang-orang yang memang ingin menjadikan hidupnya lebih baik, lebih berguna, lebih termotivasi, lebih berenergi dan lebih berdaya akan selalu menemukan jalannya. Hal ini dikarenakan mereka dalam lingkungan yang memang mendukung mereka untuk mendapatkannya. Lingkungan bisa saja tidak sengaja terbentuk, tetapi sangat dipengaruhi oleh keadaan di dalam diri orang itu sendiri. Nilai-nilai dan keyakinan dalam dirinya menjadi perintah baginya untuk menemukan lingkungan yang mendukungnya.


Orang-orang yang niatnya belajar untuk mengembangkan diri sendiri dapat secara sadar ataupun tidak sadar membangun komunitasnya sendiri. Memilih untuk berada dalam komunitas yang seperti apa dan belajar dari orang-orang yang seperti apa. Apabila orang tersebut tidak merasa cocok dengan satu komunitas maka nilai-nilai dalam dirinya akan menyebabkan perilakunya untuk keluar, pindah dan mencari komunitas yang baru.


Sudahkah kita berada dalam komunitas yang baik? Komunitas yang membangun diri kita untuk jadi lebih bahagia dan berdaya? Sebaliknya, sudahkah kita menjadi orang yang menjadi bagian dari komunitas yang memberdayakan orang lain di sekitar kita? Dengan begitu dimana pun kita berada, kita akan menebar manfaat dan mendapatkan manfaatnya.


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua