• Irvan Irawan Jie

Mastering - Christmas


Natal tahun ini adalah Natal teraneh yang pernah saya alami. Tidak ada pesta, tidak ada berkumpul dengan teman-teman dan keluarga besar. Hanya dengan keluarga inti saja. Natal adalah waktunya bersukacita dan bergembira karena kasih Tuhan yang begitu besar bagi setiap manusia di dunia. Natal adalah waktu dimana saya bisa merefleksikan tahun yang sudah berlalu dan bersiap untuk menghadapi tahun yang ada di depan.


Dengan refleksi tahun ini, tidak banyak yang bisa dikatakan berjalan dengan baik. Bahkan banyak yang terjadi tidak sesuai dengan rencana dan harapan. Saya memiliki pilihan untuk melihat dari sisi mana tentang tahun ini. Tentang kehilangan pekerjaan yang sudah dipersiapkan sebelumnya, kehilangan kebebasan untuk berjalan-jalan, kehilangan teman karena COVID, atau bahkan tentang masa depan yang masih belum jelas. Bisa jadi keadaan seperti ini tetap berlangsung selama setengah tahun ke depan.


Sisi lain yang bisa dilihat adalah dimana setiap hari sepanjang tahun anak-anak bersama kami di rumah setiap hari, konflik-konflik di rumah yang membangun saya dan istri, kesadaran bahwa saya memiliki sumber daya yang besar di dalam diri untuk menciptakan pekerjaan bagi diri sendiri, teman-teman yang mendukung usaha saya di masa pandemi, pembelajaran yang luar biasa secara daring, kesehatan yang dimiliki, keluarga yang saling mengasihi dan mencintai. Tahun ini ternyata memiliki dua sisi, melihat dan merasakan yang mana, sepenuhnya adalah pilihan saya sendiri.


Natal, waktu dimana cinta kasih melimpah bagi saya. Bulan dimana semuanya terasa begitu indah, mengingatkan kembali bahwa yang terpenting dalam hidup ini adalah orang-orang di sekitar yang saling mencintai dan mengasihi terlepas dari keadaan yang sedang dialaminya masing-masing. Natal, waktu dimana setiap orang saling berbagi baik itu makanan, ucapan, perhatian ataupun materi dengan sesamanya. Semuanya dilakukan dengan ruh yang penuh kasih.


Semoga Natal tahun ini menjadi penanda baru kasih bagi setiap kita. Semoga Natal tahun ini juga dapat mewarnai tahun depan dengan sukacita yang lebih mendalam baik bagi diri sendiri maupun bagi orang-orang yang di sekitar kita.


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

4 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua