• Irvan Irawan Jie

Mastering - Body Fuel


Rasa sakit tertusuk dan tersayat-sayat adalah alarm pagi yang paling tidak enak yang pernah saya alami. Rasa sakit yang familier di bawah perut bagian kiri, sakit yang biasanya disebabkan karena rasa lapar atau terlalu kenyang. Anehnya kali ini, hal ini terjadi di pagi hari dimana saya belum makan apa-apa dan baru saja terbangun dari tidur. Kemarin malam ketika saya makan malam pun porsinya tidak banyak.


Bisa jadi karena kemarin malam saat makan saya tidak memakan dengan porsi yang cukup, sehingga pagi ini ketika tubuh saya membutuhkan bahan bakar untuk beroperasi, bahan bakarnya tidak cukup. Menurut pengetahuan yang saya miliki, rasa sakit ini disebabkan karena tidak adanya bahan makanan di bagian ini sehingga terjadi iritasi di dinding bagian-bagiannya. Atau apabila terlalu penuh, maka bekerjanya terlalu keras.


Berbeda dengan benda mati seperti mobil misalnya, tanpa bahan bakar sebuah mobil tidak akan bisa beroperasi dan mengerjakan fungsinya. Hebatnya tubuh manusia adalah tanpa bahan bakar, tubuh akan menggunakan dirinya sendiri sebagai bahan bakar. Cairan pencernaan akan tetap mencerna, walaupun tidak ada isinya. Hanya ketika dalam waktu tertentu tubuh yang tanpa bahan bakar akan mati.


Dalam mengerjakan hal-hal yang setiap hari perlu kita kerjakan, apakah kita sudah mempersiapkan bahan bakar yang cukup? Sudahkah kita makan dengan baik? olahraga dengan baik dan tidur yang cukup? Tiga bahan bakar yang diperlukan untuk hidup yang penuh dengan vitalitas dan energi. Atau apakah sekarang tubuh kita sedang bekerja dengan menggunakan bahan bakar cadangannya? Tubuh diri sendiri?


Apalagi di masa-masa berpuasa di bulan suci seperti ini, sudahkah menyediakan bahan bakar yang cukup bukan hanya secara fisik tetapi juga spiritual untuk menjalani ibadah yang membawa bahagia di bulan suci ini?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

4 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua