• Irvan Irawan Jie

Mastering - Beginning


Saya ingin mulai berolahraga kembali, karena tubuh saya semakin tidak seperti dahulu dan sekarang banyak yang sudah tidak muat lagi. Tetapi saya sudah merencanakannya sudah lebih dari dua bulan yang lalu saat tahun baru. Pikir saya biarlah itu menjadi resolusi tahun baru saya, yang mungkin sama dengan teman-teman yang lain akhirnya hanya menjadi sebuah resolusi dan tidak menjadi sebuah kenyataan.


Tahun baru bagi saya ada dua, tahun baru yang benar-benar berganti tahun dan juga tahun baru imlek. Dua-dua nya tahun baru, yang satu berganti tahunnya yang satu lagi berganti shio nya. Yang aneh kedua ramalan-ramalan tabloid tidak pernah ada yang sama antara tahun yang satu dengan yang lainnya. Dengan begitu sebenarnya saya memiliki dua kesempatan untuk menciptakan resolusi tahun baru. Apabila yang pertama tidak berhasil maka saya bisa gunakan yang kedua.


Memulai sesuatu yang baru ternyata kalau dipikir-pikir sudah sering kita lakukan, setiap kali ada tanggal penting bukan hanya tahun baru, saya terbiasa untuk membuat sebuah resolusi baru. Setelah ulang tahun misalnya, saya berpikir bahwa saya sudah menjadi manusia yang baru dan berjanji pada diri sendiri bahwa saya akan menjadi lebih baik tahun ini. Saya akan berolahraga, saya akan menulis, saya akan belajar, saya akan mengajar, saya akan memperbaiki hubungan atau apa pun yang mau saya mulai. Walaupun terkadang benar dilakukan dan terkadang hanya menjadi sebuah retorika belaka.


Bukan hanya ulang tahun, memulai sesuatu yang baru bisa dilakukan kapan saja, ketika pindah ke rumah baru, pekerjaan baru, lingkungan baru, tempat ibadah baru, bahkan ketika ada sebuah kejadian-kejadian luar biasa di dalam hidup kita. Pertama kali saya benar-benar berolahraga adalah karena sebuah kertas yang baru saja saya lihat bahwa asam urat saya cukup tinggi dan menyebabkan sendi-sendi saya sakit. Memulai sesuatu apabila dikaitkan dengan sesuatu yang baru, setiap hari dan setiap jam adalah saat yang baru.


Hal apakah yang perlu kita mulai untuk mulai menyatakan kebahagiaan dan mencapai tujuan-tujuan kita? Memulai bisa dilakukan bahkan di dalam menit dan detik yang baru. Selama memang kita berniat, mau dan memutuskan untuk memulainya.


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach


8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua