• Irvan Irawan Jie

Mastering - Battery


Tengah malam saya dan istri dibangunkan dengan suara "beep" yang terus menerus. Hujan deras dan petir sebelumnya menutupi suara tersebut. Saya terbangun sesaat setelah istri terbangun dan menyadari bahwa ternyata rumah kami sempat mati lampu dan alarm UPS komputer berbunyi. Tetapi setelah lampu menyala pun ternyata alarm UPS tetaplah berbunyi. Alarm UPS ditaruh di dekat komputer yang memang dipasang di kamar tidur kami.


UPS fungsinya adalah untuk menjadi baterai cadangan ketika terjadi mati lampu, seperti powerbank untuk komputer. Tujuannya adalah untuk menjaga komputer kami seketika mati lampu sehingga bisa dimatikan dengan benar. Saya punya pengalaman dimana komputer saya rusak komponen pentingnya hanya karena mati lampu dan tidak sempat saya matikan secara benar. Sejak saat itu, semua komputer yang saya pakai baik di rumah maupun di kantor pasti menggunakan UPS.


Kendalanya sekarang UPS itu berbunyi terus menerus walaupun sudah menyala. Saya cek lampunya ternyata indikator lampu baterainya rusak menyala dan tidak ada yang bisa saya lakukan malam itu. Saya hanya mematikannya, otomatis karena UPS mati, semua perangkat yang terhubung dengannya juga ikut mati karena tidak mendapatkan daya listrik. Sampai pagi tadi ketika bangun baru saya periksa kembali. Ternyata benar, UPS-nya menyala tetapi tidak dapat menahan daya listrik. Sepertinya sudah saatnya diganti.


Setiap dari kita memiliki baterai yang selalu diperbaharui ketika istirahat. Sayangnya baterai dalam diri kita tidak dapat diganti semudah saya mengganti UPS. Ada kalanya dimana kita perlu bekerja lebih keras dan memaksakan menggunakan baterai cadangan dalam diri kita, tetapi ada saatnya juga dimana kita perlu sadar bahwa baterai dalam diri kita juga perlu diistirahatkan. Cara terbaik adalah dengan tidur dan biarkan diri kita memenuhi kembali kebutuhan energinya, setelah itu baru makan makanan yang bergizi.


Sudahkah kita menjaga tubuh kita sendiri? Sehingga baterai diri kita dijaga dengan bijaksana sehingga berada dalam kondisi prima dan mampu menjalankan fungsinya dengan baik untuk mencapai tujuan dan kebahagiaan kita?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

4 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua