• Irvan Irawan Jie

Mastering - Applying to Self


Minggu lalu saya mulai menuliskan sikap-sikap yang dapat dimiliki oleh seseorang yang belajar ilmu komunikasi yang bernama NLP dan Neuro-Semantics. Setelah mengetahui sikap-sikapnya, ada satu hal lagi yang penting bagi seseorang yang belajar, yaitu menggunakannya pada diri sendiri. Ilmu yang sudah dipelajari perlu dipahami dan digunakan pada diri sendiri sebelum bisa digunakan kepada orang lain.


Terkadang saya menemukan orang-orang yang sudah belajar tetapi lupa untuk menggunakan ilmunya kepada dirinya sendiri. Mereka lebih suka untuk memamerkan atau bahkan langsung mempraktikkannya kepada orang lain. Lebih mudah bagi mereka untuk mengubah orang lain daripada mengubah dirinya sendiri. Hasilnya, mereka menjadi seorang pembelajar yang tidak kongruen. Mereka belum tentu melakukan apa yang mereka ajarkan dan bahkan tidak sadar bahwa mereka tidak melakukannya.


Belajar sangat berbeda dengan melakukan, saya merasa lebih banyak tahu daripada melakukan. Mengetahui didapatkan dengan mudah dalam pembelajaran, melakukan memerlukan latihan, kesabaran dan kerendahan hati di masa-masa ketika saya belum bisa. Memang tempat yang paling tidak enak bagi saya adalah ketika saya tahu saya belum bisa melakukan walaupun mengetahui bagaimana cara yang benar dalam melakukannya.


Melakukan apa yang diketahui penting untuk menciptakan keselarasan dalam diri sendiri. Bukan hanya itu, dengan mengetahui bagaimana rasanya menggunakan pengetahuan dan teknik-teknik yang sudah dimiliki maka saya akan menggunakan ilmu saya dengan lebih bertanggung jawab. Tidak semena-mena langsung melakukannya kepada orang lain bahkan berharap orang lain juga akan segera melakukan pengetahuan yang mereka dapatkan dari saya.


Untuk bisa menjadi seorang yang berdaya, melakukan apa yang diketahui menjadi tanggung jawab masing-masing. Tidak ada seorang pun yang dapat memaksakannya. Sudahkah mengaplikasikan apa yang diketahui kepada diri sendiri? Sebelum melakukannya kepada orang lain?


To your highest and masterful self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua