• Irvan Irawan Jie

Learn Anywhere


Grouplearningtogether

Obrolan kami adalah seputar belajar. Betapa banyak hal yang bisa kita pelajari dalam keseharian kita. Belajar bisa dari berbagai sumber, karena saya suka bicara dan baca buku maka waktu saya yang paling efektif untuk belajar adalah ketika saya melakukan kedua hal tersebut. Ada yang bisa belajar hanya dengan membaca buku, ada juga yang dengan cara mendengar, atau karena jaman sekarang sudah ada youtube bisa juga dengan menonton video, dan terkahir ada juga yang bisa belajar dengan merasakan apa yang dia pelajari.

Ketika kita bertemu dengan orang-orang di sekitar kita, secara sadar maupun tidak sadar kita pasti belajar sesuatu dari mereka. Ketika kami sampai di rumah saya (yang sebenarnya jaraknya hanya 3 menit jalan kaki dari Gereja) teman saya ini bilang bahwa dia belajar banyak dari saya. Saya pun merasa saya malam itu belajar sesuatu dari dia. Cukup mengejutkan saya ketika dia bilang bahwa, apa yang saya pelajari dari dia karena dia merasa bahwa dia tidak memberikan ilmu apa-apa. Malahan yang saya pikir adalah saya juga tidak mempunyai ilmu apa-apa. Karena saya masih dalam tahap belajar dan belum layak mengajar…. At least yet.

Kadangkala kita dalam kehidupan keseharian kita lupa bahwa tidak mungkin kita bisa mengetahui semua ilmu di dunia apapun itu. Tapi kita sebagai manusia tidak pernah berhenti belajar walaupun lebih banyak kita belajar tanpa kita sadari. Sedari kecil, seorang bayi sudah belajar untuk menjauhi hal-hal yang tidak enak dan mencari hal-hal yang enak bagi dia. Anak saya yang masih kecil saja sudah belajar untuk mempengaruhi orang tuanya untuk memberikan apa yang dia mau. Saya yakin ketika dia dewasa ilmu ini akan dia gunakan dalam kesehariannya tanpa dia sadari bahwa dia sudah belajar ilmu ini dari lama.

Yang kita perlukan ketika kita bersosialisasi dengan orang lain adalah keterbukaan pikiran dan kerendahan hati. Ketika saya bertemu paman saya yang saya anggap orang hebat pun beliau mengatakan hal yang sama. Dia bisa belajar dari seorang bawahannya yang hanya lulusan SD tanpa gelar. Sungguh banyak hal-hal yang perlu kita ketahui dan percayalah ketika kita mencarinya kita akan dapat dengan mudah menemukannya. Dan jangan kaget ketika kita menemukannya, mungkin saja kita sebenarnya sudah tau atau pernah belajar ilmu yang sama sebelumnya.

Pelajaran dari tulisan ini? Kalau mau belajar jangan sampai ditegur istri 😀

Irvan Irawan Jie

0 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua