• Irvan Irawan Jie

Jakarta, Indonesia…

Mikirin tentang Jakarta lately, don’t know why… maybe because in the near future, I might go back to Jakarta after 8 years in Oklahoma… Banyak orang yang tau malah mencela, kenapa balik ke Jakarta? kenapa gak stay aja di US? mending ke Aussie aja, gampang kok dapet PR nya buat MBA lulusan luar! ke Singapore aja, dijamin bisa idup enak dan teratur! But, I have a vision in Jakarta, I want to be in Jakarta, I want to change Jakarta, I want to do something for Jakarta, and I don’t give a d*** of what everybody else thinks… I’m phlegmatic after all…

Banyak sekali hal yang berubah di Indonesia entah itu perubahan yang baik atau buruk and I’m not even sure if I can handle the change… Contohnya: mall sekarang udah nambah berapa banyak ya? daerah rumah bakalan tambah macet berkat busway koridor baru, Internet makin berkembang dengan adanya pilihan2 seperti 3G, 3.5G, Kabel dan bahkan satelit berarti kan orang2 Indonesia jadi lebih gampang cari informasi dan memajukan diri sendiri.

Indonesia itu sebenernya banyak sekali orang pinter2nya, for example: di WordPress ini banyak sekali blog2 orang indonesia yang menarik untuk dibaca dan dicermati mulai dari blog bisnis, manajemen, kehidupan sampai makanan (Yum…) tapi heran kenapa di Jakarta kok keadaannya tambah kacau ya? banjir, inflasi, macet (busway)… apakah orang2 pintar di pemerintahan kita gak punya visi yang jelas tentang mau dibawa kemana ibukota Indonesia yang katanya adalah wajah publik Indonesia di kalangan dunia Internasional?

Kalo dipikir2 sebenernya gampang2 aja kalo mo memajukan Jakarta:

1. Education

Education di Jakarta sebenernya udah bagus, lah wong contohnya yours truly, cuma lulusan SMA Kristen Yusuf di Jembatan II aja bisa ke Amrik terus lulus S2 kok… Education must be the first priority, karena dengan orang2 yang beredukasi tinggi hampir semua masalah Jakarta bisa di beresin. Mau dikemana’in generasi muda kita yang gak sekolah? bukankah mereka nantinya akan menjadi beban kita juga? Seandainya sekolah2 di Jakarta lebih “accessible” bagi orang2 kecil, toh akhirnya mereka bisa membayar hutang budi para Pahlawan tanpa tanda jasa kita dengan membuat tempat tinggal dan orang2 sekitar mereka menjadi lebih baik kan?

2. Law

Hukum di Indonesia kemana aja ya? tanpa hukum yang jelas suatu negara gak mungkin bisa maju. Budaya korupsi, budaya nyogok, budaya main hakim sendiri dan budaya2 hukum Indonesia yang ngaco lainnya harus segera dibasmi demi keamanan dan kenyamanan warganya.

3. Public Infrastructure

Coba liat, jalan mana di Jakarta yang gak kena macet? pro dan kontra Busway? Metro Mini dan Angkot? “Nembak” SIM? semua bisa di solved kalau education system di Jakarta itu bener… dalam arti selain belajar ilmu juga belajar moral di sekolah. Mungkin yang harus ditekankan adalah “Moral” ya? tanpa moral yang baik, semua nya gak ada yang beres… no ethic, no rationale, disregard of others, disregard of rules and laws. Mau Jakarta maju? benerin infrastructure yang ada, jalan2 diperlebar, taman2 dijaga, halte dijaga, bus2 kota, angkot dan metro mini semuanya diatur, manajemen Busway dibuat lebih efisien.

4. Business Climate

Ini juga penting, kalo misalnya business climate di Jakarta gak memadai, gimana orang2 mau investasi? gimana orang2 mau bikin lapangan kerja baru buat orang2 penganguran di Jakarta? Balik lagi ke education… kalo generasi muda kita tak terdidik dengan baik, toh mereka juga yang nantinya bakal jadi pengurus Jakarta… gimana mereka bisa ngerti apa itu business climate yang baik? kalo dari kecil mereka udah taunya bisnis di Jakarta itu kotor dan tanpa etika?

Well, maybe I’m a dreamer, at least I’m a dreamer with a “vision”… Someday hopefully Jakarta bakal jadi lebih baik and one day I can say, I’m glad that I made the decision to go back to Jakarta and sacrifice all the luxury and convenience that I had in the States…

#Jakarta

0 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua